Berita

Surabaya, 8 Maret 2024 – Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan acara penguatan kompetensi mahasiswa Doktor PAI dalam penulisan karya tulis ilmiah. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah serta meng-submitnya pada jurnal-jurnal bereputasi internasional seperti Scopus atau Web of Science (WOS).

Acara yang berlangsung pada tanggal 7 Maret 2024 di Ruang Sidang lantai 2 yang dihadiri oleh mahasiswa Doktor PAI angkatan 2022 dari tiga skema pembiayaan, pertama; Awardee Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB), kolaborasi Kementerian Agama – LPDP. Kedua; Awardee LPPD Provinsi Jawa Timur. Ketiga, Biaya mandiri. Para peserta didorong untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis dan menerbitkan karya ilmiah, sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas riset di bidang Pendidikan Agama Islam.

Acara berlangsung menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pada jam 10-12 WIB yang diisi dengan kegiatan monitoring perkembangan studi oleh pihak prodi Doktor Pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini, acara dipimpin langsung Prof. Dr. Kusari, M.Pd. selaku kaprodi. Pada sesi ini, beliau menekankan pentingnya membuat timeline penyelesaian studi yang memuat setiap target dan potensi kendala yang mungkin saja terjadi. Hal ini dimaksudkan sebagai komitmen tertulis dari mahasiswa serta salah satu instrument bagi prodi untuk memonitoring secara berkala serta memberikan opsi solusi terhadap kendala-kendala yang mungkin saja dialami.

Adapun Sesi kedua berlangsung mulai 13.00 s.d. 15.00 WIB diisi dengan Penguatan Kompetensi Mahasiswa Doktor PAI dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan pemateri dari luar UINSA Surabaya. Pemateri dalam acara ini adalah Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si, yang merupakan seorang ahli di bidang pendidikan dan telah memiliki pengalaman yang luas dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah.

Direktur Pascasarjana, Prof. H. Masdar Hilmy, Ph.D. turut hadir memberikan arahan sekaligus membuka acara ini. Dalam arahannya, beliau berpesan bahwa “Disertasi yang baik adalah disertasi yang selesai dan berkualitas. Agar dapat selesai dengan cepat, perlu dikerjakan dengan tekun dan cermat, tetapi untuk dapat berkualitas, maka perlu dilatih, dibimbing, dan sedikit ditekan. Sebab perlu tekanan untuk mencapai progress yang berkualitas”.

Pada sesi ini, mahasiswa diberikan pengetahuan serta tips praktis dalam hal struktur penulisan artikel ilmiah, pemilihan jurnal yang tepat, serta strategi untuk menghadapi proses peer review. Prof. Dr. Ahmad Taufiq menekankan pentingnya penulisan artikel ilmiah sebagai sarana untuk menyebarkan pengetahuan dan memperluas cakupan riset di bidang Pendidikan Agama Islam. Beliau juga memberikan motivasi kepada peserta untuk terus mengembangkan kemampuan menulis mereka serta berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan.

Acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa Doktor PAI, baik dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah maupun memperluas jaringan akademik mereka. Selain itu, diharapkan juga mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan citra dan reputasi Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya di kancah internasional

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, akan dilakukan proses mentoring untuk penulisan karya tulis ilmiah. Mentoring ini akan dilakukan dengan pendampingan dan pemantauan secara berkala setiap dua minggu sekali. Selama proses mentoring, mahasiswa akan diminta untuk merumuskan karya ilmiah yang berkaitan dengan tema disertasi yang mereka tulis. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar selama proses penelitian, mahasiswa tidak hanya menyusun hasil penelitian dalam bentuk disertasi saja, tetapi juga dalam bentuk artikel yang dapat dipublikasikan secara internasional