Berita

@Tarbiyah dan Keguruan

Monday, 18 April 2022

Pengabdian di Bulan Ramadhan, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Lanjutkan Seri ke 4 Workshop Online Workshop Series, Guru: The Media Creator

Bulan Ramadhan bukan merupakan halangan untuk berjalannya kegiatan pengabdian. Terbukti Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya kembali melanjutkan pergelaran PkM seri ke 4 Online Workshop Series, Guru: The Media Creator dengan tema Media Application for Teaching Language Aspects pada Senin (18/4) melalui zoom meeting. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi, Pusat Studi Literasi, Perpustakaan, dan Community English Department Alumni (CEDA). Sejumlah guru dan calon guru bahasa Inggris aktif berpartisipasi pada kegiatan ini baik yang mengikuti sesi panel maupun yang mengikuti hingga sesi pendampingan intensif.

Dua narasumber utama pada seri workshop kali ini adalah Ibu Rakhmawati, M.Pd dan juga Bapak Bayu Adi Nugroho, Ph.D. Memandu jalannya workshop, Ibu Desy Indarwati, S.Pd hadir sebagai moderator untuk kedua narasumber. Sebelumnya, Ibu Dr. Irma Soraya, M.Pd selaku Kepala Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya memberikan sambutan yang menandai dimulainya agenda inti dari workshop series.

Language Aspects in Designing Teaching Media dipaparkan oleh narasumber pertama. Media pengajaran dan kaitannya dengan aspek-aspek bahasa dalam pengembangan media tersebut menjadi bahasan dominan. Pengertian media pengajaran dan elemen-elemen dari unsur kebahasaan disampaikan Ibu Rakhmawati. Lanjut, pengalaman ketika mengajar kelas microteaching juga Ibu Rakhmawati bagikan kepada para peserta workshop dengan 24 buah media berbasis manual dan 14 buah media berbasis teknologi.

Ibu Rakhmawati menjelaskan dalam paparannya tentang aspek konten pada media yang terkait dengan aspek kebahasaan. “Sometimes we focus on the attarctiveness, but forget about the content”, terang Ibu Rakhmawati. Text, vocabulary, sentences, dan grammar merupakan aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan. Hasil dari pengalaman yang telah Ibu Rakhmawati lakukan baik berkaitan dengan media yang berbasis manual ataupun teknologi disampaikan. Sebelum sesi pertama berkahir, Ibu Rakhmawati mengajak audiens untuk enganalisa aspek kebahasaan pada contoh video atau media yang ditayangkan.

Bapak Bayu Adi Nugroho, Ph.D, narasumber kedua pada workshop PkM seri ke-4 hadir memaparkan pengalamannya terkait dengan penulisan scientific paper saat mengikuti konferensi internasional. Hal ini menjadikan language aspects, terutama grammar dalam teks menjadi poin penting yang perlu untuk diperhatikan. Pak Bayu menunjukkan dua aplikasi berbasis online yang bisa digunakan terkait aspek kebahasaan, yaitu Grammarly dan Overleaf yang mewakili judul paparannya yaitu Digital Application as Media in Teaching Language Aspects.

Dalam memoles tulisan, Overleaf dapat digunakan langsung saat menulis sehingga tulisan dapat menjadi lebih baik dalam aspek kebahasaannya. Grammarly, selanjutnya dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan terkait tata bahasa atau grammar yang mungkin masih terdapat dalam tulisan. Kedua aplikasi dapat digunakan secara gratis dengan batasan-batasan tertentu dan perlu membeli yang versi berbayar jika memerlukan layanan yang tidak berbatas dari aplikasi yang disebutkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan intensif peserta terkait dengan penggunaan aplikasi dalam aspek kebahasaan. Seri berikutnya Workshop Online Workshop Series, Guru: The Media Creator akan dilaksanakan pada bulan depan.