Berita

PEMBELAJARAN DINI; PAUD UINSA KUNJUNGI PMK KALIRUNGKUT SURABAYA

UINSA Newsroom, Rabu (15/03/2023); Dalam rangka memberikan pemahaman dini tentang penanganan kebakaran, Rombongan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengajak anak didiknya mengunjungi Pos Pembantu Pemadam Kebakaran Kalirungkut pada Rabu, 15 Maret 2023.

Kunjungan Bunda PAUD beserta anak didiknya ini didampingi langsung Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UINSA Surabaya, Ny. Erna Mawati. Bertolak dari Kampus A. Yani menuju Kampus Gunung Anyar, rombongan sampai di Pos Pembantu Pemadam Kebakaran Kalirungkut sekitar Pukul 08.45 WIB. Rombongan disambut langsung Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kalirungkut, Wahyudi S., beserta tim.

Para peserta kunjungan kemudian diberikan pengetahuan dasar mengenai penanganan kebakaran. Rasa penasaran dan ketertarikan anak-anak semakin meramaikan suasana saat dikenalkan pada alat-alat pemadam kebakaran. Tim PMK bahkan secara khusus juga menyediakan APD mini untuk dipakai anak-anak PAUD UINSA Surabaya.

Ny. Erna Mawati berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan tidak hanya bagi anak-anak tapi juga para Bunda PAUD. Selain itu, melalui kegiatan pembelajaran diluar kelas juga diharapkan semakin menambah semangat anak-anak dalam belajar. “Karena kalau pembelajaran selalu di kelas pasti jenuh. Apalagi anak-anak yang masih di tahap senang bermain,” ujar Ny. Erna Mawati.

Semakin variatifnya pembelajaran, lanjut Ny. Erna Mawati, diharapkan juga meningkatkan kualitas Pendidikan di PAUD UINSA. “Sehingga, kalau kualitasnya semakin baik, akan semakin banyak juga yang mengenal dan mempercayakan anak-anaknya untuk dididik di PAUD UINSA,” lanjut Ny. Ernamawati.

Selain itu, Wahyudi S., mewakili Tim PMK Kalirungkut menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan rombongan Tim PAUD UINSA Surabaya. Melalui kunjungan ini Wahyudi S., berharap, anak-anak dan juga Bunda PAUD mendapat pengetahuan tentang pemadam kebakaran serta apa saja yang harus dilakukan jika menghadapi kondisi kebakaran.

“Jika terjadi kondisi kedaruratan, sudah tahu harus menelpon kemana?” tanya Kak Adi, salah satu tutor yang mendampingi rombongan. Para peserta pun kompak menjawab, ‘112’ sebagaimana tertulis jelas di APD Tim PMK yang berwarna Jingga tersebut.

Sebagai penutup, anak-anak pun diajak bermain air di halaman Pos Pembantu Pemadam Kebakaran Kalirungkut setelah sebelumnya berkesempatan langsung naik kendaraan Damkar untuk berkeliling. (Nur/Humas)