Berita

P2B Newsroom, Jumat (13/01/2023); Terpilih menjadi salah satu dari enam Perguruan Tinggi Penyelenggara kegiatan Program Persiapan Bahasa dan Akademik (PPBA) Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2022-2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar acara penutupan program PPBA di Hotel Ibis Styles, Surabaya pada 13 Januari 2023.

Program PPBA ini digelar selama 3 minggu. 24 peserta dari berbagai universitas negeri dan swasta di bawah kementerian agama RI belajar mengenai penguatan Bahasa Arab, Academic Writing dan Moderasi Beragama. Kegiatan penutupan ini dilakukan dengan mode blended dimana kegiatan diawali dengan penutupan secara nasional dengan mode daring kemudian dilanjutkan dengan mode offline di PTP masing-masing.

Dalam sambutannya, Ruchman Basori, S.Ag., M.Ag., Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS), Ditjen Pendidikan Islam dan Ketua PMU Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI menyampaikan, bahwa kegiatan PPBA merupakan saham atau point tersendiri untuk studi lanjut dan untuk mendapatkan BIB.

Tujuan utama kegiatan ini adalah mempersiapkan peserta dengan kemampuan awal untuk mencari peluang studi dengan beasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah keterampilan berbahasa asing karena untuk belajar di jenjang lanjut, penguasaan bahasa asing sangatlah penting. “Kegiatan ini juga diyakini akan melatih mental dan daya juang peserta untuk menjadi kader akademik yang professional dan kreatif,” ujar Ruchman Basori.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan kepala pusat bahasa di masing-masing perguruan tinggi penyelenggara. Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Muhammad Budiono menyatakan apresiasi atas semangat dan kerja keras peserta PPBA di UINSA Surabaya.  Muhammad Budiono berharap, pengalaman mengikuti kegiatan ini akan memberi kesiapan bagi mereka untuk menempuh jenjang S3 di luar negeri.

Kegiatan diakhiri dengan penutupan resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UINSA Surabaya, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. Kepada seluruh peserta PPBA di UINSA, Prof. Ali Mudlofir diharapkan mampu menempuh studi lanjut di luar negeri. “Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta seyogyanya telah memiliki kredit poin tersendiri sebagai kandidat penerima beasiswa BIB yang sudah siap berproses di masa mendatang,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan simbolis sertifikat peserta PPBA sebagai pamungkas acara PPBA tahun 2022.