Berita
ORIENTASI LOKAKARYA MAHASISWA PPG DALAM JABATAN TAHUN 2021 LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Setelah melakukan kegiatan Refreshment Dosen Lokakarya PPG Dalam Jabatan Tahun 2021, LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar acara Orientasi Lokakarya Mahasiswa   PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 PAI dan Madrasah yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada hari Minggu, 11 Juli 2021. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00-08.30 WIB untuk proses registrasi masuk ke dalam ruang virtual zoom meeting dan berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Sebanyak 300 lebih mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2021 PAI dan Madrasah LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti kegiatan dengan seksama mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA, menyimak sambutan, pembacaan doa dan materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber terkait pengenalan dan latihan simulasi LMS (Learning Management System) SPACE yang akan digunakan selama proses Lokakarya dan PPL PPG, Pembuatan video pembelajaran, dan pembuatan serta upload konten youtube. Mengingat pada kegiatan lokakarya dilaksanakan secara daring, maka dibutuhkan kemampuan mahasiswa dalam membuat video pembelajaran dan mengunggahnya pada platform youtube.

Pada akhir kegiatan terdapat sesi diskusi dan tanya jawab dimana pertanyaan mahasiswa dijawab langusng oleh para narasumber dan tim IT. Pertanyaan yang diajukan beragam mulai dari proses pelaksanaan Lokakarya PPG, kebijakan-kebijakan yang terkait, perangkat pembelajaran, cara pembuatan video praktik pembelajaran, sampai kepada bagaimana mengupload video pembelajaran ke platform youtube.

Kegiatan yang dilakukan ini merupakan orientasi ke-2 dari rangkaian kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2021, setelah sebelumnya dilakukan kegiatan orientasi awal terkait mekanisme dan pelaksanaan pendalaman materi PPG.