Berita

Lamongan – Sabtu (24/12/2022) Tim Pusat Layanan Psikologi (PLP) dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya berkunjung kembali ke MAN 1 Lamongan. Kunjungan pertama dilaksanakan pada Selasa,13 Desember 2022 untuk melangsungkan tes psikologi bagi para siswa kelas X.

Kunjungan kedua PLP UINSA ke MAN 1 Lamongan dalam rangka penyerahan hasil laporan psikotes dan Seminar Parenting. Tim disambut dengan hangat oleh Ibu Kepala Madrasah dan beberapa guru perwakilan. Jamuan yang disuguhkan juga melengkapi pertemuan yang semakin mengesankan.

Setalah penyerahan hasil laporan psikotes, tibalah di acara Seminar Parenting dengan tema “Pelayanan Prima Guru Terhadap Peserta Didik”. Sebelum seminar dilaksanakan, lantunan Umul Qur’an menyejukkan jiwa para tamu undangan. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak MAN 1 Lamongan dan PLP UIN Sunan Ampel Surabaya.

“Anak-anak merupakan yang istimewa bagi bapak-ibu guru, kita jangan takut terhadap parenting”, tutur Kepala Madrasah.

Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA juga memberikan sambutan atas kerjasama yang terjalin antara FPK UINSA khusunya PLP dengan MAN 1 Lamongan. Beliau menyampaikan bahwasanya seminar ini penting untuk mengingatkan tanggungjawab kita semua, baik guru dan wali murid agar bersama dapat meningkatkan pendidikan anak-anak. Selain itu, keterlibatan wali murid dan guru dalam proses belajar para siswa juga harus lebih diperhatikan.

“Hari ini, pagi ini, saya mewakili teman-teman Pusat Layanan Psikologi untuk memberikan manfaat, ikhtiar untuk masyarakat yang sama-sama dibawah naungan Kemenag. Kita secara bersama-sama bertanggungjawab meningkatkan sumber daya masyarakat agar bermanfaat bagi masyarakat. Kemuliaan universitas tidak hanya diukur oleh gedung, tapi sejauh mana universitas memberikan manfaat kepada masyarakat”, tutur Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si.

FPK hadir di MAN Lamongan bersama-sama meningkatkan kualitas SDM, khususnya siswa MAN 1 Lamongan melalui psikotes. Berdasarkan hasil psikotes ini dapat digunakan untuk memetakan sehingga wali murid dan guru dapat mengetahui potensi dan kepribadian siswa secara umum. Hal ini dapat menjadi dasar dalam membimbing dan mengoptimalkan kemampan potensi siswa. Oleh karena itu, seminar parenting ini sebagai tindak lanjut dan layanan UINSA dalam meningkatkan pelayanan.

Acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh KH. Anshori. Tibalah di acara Seminar Parenting yang disampaikan oleh Bapak Lucky Abrorry, M.Psi., Psikolog. Penyampaian materi dibuka dengan sesi ice breaking terlebih dahulu yang ditanggapi dengan meriah oleh audiens.

“Pada hari ini yang penting kita sehat dan senang hatinya”, tutur Pak Lucky.

Bapak Lucky Abrory, M.Psi., Psikolog juga menyampaikan bahwsaannya tujuan anak disekolahkan ada dua, yaitu untuk membahagiakan orang tua dan tetap tidak meninggalkan adat istiadat yang telah dibawa.

Demikianlah serangkaian prosesi penyerahan hasil laporan psikotes dan seminar parenting dari Pusat Layanan Psikologi (PLP) UIN Sunan Ampel Surabaya kepada MAN 1 Lamongan. Semoga kerjasama dan ukhuwah antara kedua pihak tetap terjalin dengan baik. (ODR)