Berita

OASE PTKI 2023 USAI, INI PERSEMBAHAN KONTINGEN UINSA

UINSA Newsroom, Sabtu (17/6/2023); Kontingen UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berhasil menjuarai 8 pertandingan pada Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) PTKI Se-Indonesia di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Puncak malam penutupan OASE PTKI Se-Indonesia yang meriah dengan penampilan Guest Star Wali Band ini dihadiri Wakil Menteri Agama RI, Direktur Pendis, Direktur Diktis, Rektor PTKI, dan juga seluruh finalis OASE PTKI Se-Indonesia.

Prof. Inung sapaan akrab Direktur Diktis, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., dalam sambutan menjelaskan, bahwa tujuan dari diangkatnya tema, ‘Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs’ agar para bibit unggul yang tersaring melalui olimpiade pada akhirnya akan didedikasikan untuk keunggulan Indonesia di masa depan.

Ada yang lebih penting dari sekedar kompetisi, menurut Direktur Diktis, yaitu kolaborasi. Kerja pendidikan termasuk juga olimpiade agama, sains dan riset itu adalah kerja peradapan dalam waktu yang sangat panjang.

“Kita ini akan berjalan sangat jauh. Kalau kalian hanya ingin sekedar berjalan cepat silahkan berjalan sendirian, tapi kalau kalian ingin berjalan jauh, jalanlah dengan kawan. Kalian boleh jadi juara tapi masa depan peradaban tidak ditentukan oleh para juara yang egois dan selfish. Peradaban masa depan ditentukan oleh orang-orang unggul yang memiliki jiwa menyamudrah yang sanggup untuk merentangkan tangannya, bergandengan tangan dan berkolaborasi dengan sesama kawannya,” terangnya.

Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si., Wakil Menteri Agama RI dalam sambutannya menegaskan bahwa, OASE PTKIN Ke-II Tahun 2023 diikuti 2387 peserta dari 69 PTKI yang telah berpartisipasi sejak babak penyisihan yang saat ini telah melewati babak final yang dinilai oleh 82 juri professional. “Saya yakin dengan diadakannya olimpiade ini dapat mencetak mahasiswa yang cerdas, kreatif dan inovatif dalam bidang agama, sains dan teknologi,” ujar Wamenag RI.

Kepada peserta OASE yang tengah bergembira meraih juara, Wamenag RI memberikan ucapan selamat atas pencapaian yang membanggakan. Wamenag juga berpesan, agar prestasi yang diraih menjadikan cepat puas dan cepat bangga namun motivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. “Untuk para peserta yang belum berhasil jangan berputus asa, tetap semangat dan terus berusaha karena dengan mencapai hasil diharapkan kedepannya tidak ada kata menyerah,” seru Wamenag RI memberi semangat.

Dalam kesempatan OASE PTKI Ke-II ini, kontingen UINSA dengan 31 orang yang terdiri dari 14 Tim menjadi salah satu kontingen terbanyak dan sukses menjuarai 8 perlombaan. Antara lain;

Juara 1 Bidang Karya Inovasi (Astronomi/Ilmu Falak)

  1. Yuniar Wahyuningsih
  2. Muhammad Farhan Putra Pratama
  3. Amri Mashuri Wibisono

Juara 2 Bidang Debat Ilmiah (Debat Bahasa Inggris)

  1. Audri Fitria Widowati
  2. Aisyah

Juara 3 Cabang Pemilihan Da’i (Da’I Putri)

  1. Siti Nur Lutfiyatul Kharisma

Juara 3 Cabang Pemilihan Da’i ( Bidang Psikologi)

  1. Maindah Nur Laili Asari
  2. Masrusliana
  3. Syindi Rosa Amelia

Juara 4 Bidang Qiraatul Kutub (Qiraatul Kutub untuk Putra)

  1. Moh. Aunul Abid

Juara 4 Bidang Karya Inovasi (Literasi dan Inovasi Teknologi)

  1. Rizqy Abdullah Putra
  2. Ainun Nadzifatur Rohmah
  3. Salsabila Rif’atul Abadiah

Juara 6 Bidang Karya Inovasi (Iklim,Limbah Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan)

  1. Nurullah Pandu Negara
  2. Zahra Safira Salsabila
  3. Surya Puspa Ardila

Juara 6 Bidang Lomba Sains (Business Plain)

  1. Dewi Fatikah Sari
  2. Feni Febrianti

(Ryn/Humas)