Column UINSA

Motivasi dalam bekerja dapat berupa hal yang sederhana maupun kompleks. Hal ini tentu dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal dari setiap individu, tak terkecuali regulasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Regulasi yang diterbitkan oleh pemerintah pun diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan motivasi dalam bekerja.

Artikel ini membahas tentang motivasi kerja pustakawan inpassing di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya yang ditinjau dari perspektif McClelland (Achievement, Power, dan Affiliation)Artikel ini merupakan suatu kajian analisis dari implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 26 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing yang ada di Perpustakaan UINSA. Bagi setiap pustakawan, tiga hal tersebut (Achievement, Power, aya manusia. Selain itu, pengalaman dan masa kerja masing-masing pustakawan inpassing di perpustakaan menjadi faktor utama pendorong terwujudnya tiga kebutuhan motivasi dalam bekerja. Sementara untuk mendapatkan data yang bervariasi, valid dan objektif, di dalam penelitian ini menggunakan mixed methods research, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan interview.                                                                                         

Di akhir tulisan disimpulkan bahwa tingkat motivasi kerja yang dimiliki oleh pustakawan inpassing tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan pustakawan inpassing menjadi narasumber maupun moderator pada kegiatan literasi, mempublikasikan karya tulis ilmiah di salah satu website Online Journal System (OJS) (achievement), mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditentukan dan terjalinnya komunikasi efektif dengan pemustaka (power), berpartisipasi aktif dalam kegiatan penting di perpustakaan, seperti Tim Penyusunan ISO dan Re-Akreditasi Perpustakaan (affiliation).

Selengkapnya ada di Supriyatno, Hary. Motivasi Kerja Pustakawan Inpassing Perspektif McClelland: Kajian Analisis Implementasi PERMENPAN Nomor 26 Tahun 2016 Di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Media Pustakawan, v. 29, n. 2, p. 142-156, Augustus 2022. ISSN 2685-3396. Available at: <https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/2887>