Berita

Kamis (21/3) UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Monumental Writing Award di Amphitheater UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini digelar untuk memberikan penghormatan dan penghargaan terhadap karya monumental Kitab Tafsir Hidayatul Qur’an fii Tafsiril Qur’an bil Qur’an yang ditulis oleh Dr. Afifudin Dimyathi, MA.

Dr. Afifudin Dimyathi yang kerap disapa Gus Awis ini merupakan salah satu Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Kitab Tafsir karya Gus Awis ini diterbitkan oleh Dâr al-Nibrâs, Kairo-Mesir.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menyampaikan bahwa kegiatan pemberian penghargaan kepada dosen atas karya monumentalnya ini merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia. “Syukur alhamdulillah bahwa siang ini terselenggara sebuah acara yang barangkali baru pertama dan satu-satunya di Indonesia penghargaan karya monumental dari dosen Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya KH. Afifudin Dimyathi” tutur Prof. Thohir selaku penanggungjawab kegiatan.

Dalam sambutannya, Rektor UINSA menekankan kontribusi kampus sebagai penanda peradaban. “Lama kita menunggu karya monumental yang ditulis dalam Bahasa Arab fushah dan diterbitkan oleh penerbit skala internasional, baru kali ini kita dihadiahi oleh Gus Awis dengan karya yang luar biasa” ucap Prof. Muzakki.

Penghargaan terhadap karya monumental ini diberikan langsung oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad. Dip. SEA, M.Phil, Ph.D kepada Gus Awis dalam bentuk sertifikat penghargaan dihadapan seluruh civitas akademik UIN Sunan Ampel Surabaya dan Wakil Ketua Umum PBNU KH. Zulfa Mustofa. Dan dibalas dengan pemberian Kitab Tafsir dari Gus Awis kepada rektor UIN Sunan Ampel Surabaya.

Gus Awis menyampaiakan bahwa penghargaan ini tidak pernah terbayangkan dengan sangat mengagetkan beliau. “Saya merasa kaget dengan acara yang sedemikian meriah. Penghargaan dari rector ini akan saya kenang selama-lamanya” tutur Gus Awis. Semoga karya monumental Kitab Tafsir Hidayatul Qur’an fii Tafsirul Qur’an bil Qur’an dapat bermanfaat untuk seluruh umat dalam memahami Al-Qur’’an. (ftk)