Berita

Berita Magang MBKM Prodi MPI :

Monitoring dan Evaluasi Program Magang Prodi MPI di Sekolah Indonesia Jeddah Arab Saudi   

 Jeddah, 7 Maret 2024 – Dosen MPI UIN Sunan Ampel, Ali Mustofa, sedang melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan MBKM Internasional di Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ). Kegiatan yang telah mendapatkan persetujuann dari Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia ini dilaksanakan pada tanggal 5-8 Maret 2024. Kegiatan monitoring ini, dilakukan pada 3 mahasiswa MPI UINSA yakni Maftuhah Nurmalika Febrianti, Nur Maghfirotus Sa’adah, dan Malindo Anggraini Puspitasari. Tiba hari Selasa 5 Maret 2024, Ali Mustofa yang juga sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UINSA, bertemu juga dengan dengan Kepala Sekolah SIJ, yakni Sutikno, M.Pd.

Tujuan kegiatan Monev dari Pak Ali, panggilan akrabnya, adalah untuk dapat mengendalikan proses berlangsungnya kegiatan agar berjalan secara efektif, dan mencapai hasil sesuai dengan yang di rencanakan. Kegiatan monev juga bermaksud untuk menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan kegiatan program MBKM untuk keberlanjutan.  Selain itu monev juga untuk menggali informasi untuk pengambilan keputusan dalam rangka penetapan kebijakan, atau pencapaian hasil yang dituju. Menurut Pak Ali, urgensitas monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan MBKM ini sendiri yakni sebagai masukan dan solusi demi perbaikan proses belajar ketika mengalami hambatan baik secara internal maupun eksternal.

Proses monev tersebut dilakukan terhadap seluruh kegiatan Magang, mulai dari  kegiatan mahasiswa Magang di kantor TU Administrasi Keuangan, kantor TU Kepegawaian dan Kesiswaan, serta Perpustakaan di Sekolah Indonesia Jeddah. Pak Ali berharap agar para mahasiswa MPI yang saat ini di Sekolah Indonesia Jeddah dapat belajar dan bekerja dengan baik sehingga pada periode berikutnya ada lagi mahasiswa yang melakukan magang di Sekolah Indonesia Jeddah ini. (Ucha/Ay)