Berita

Pada hari Senin tanggal 10 Februari 2025, program MBKM Mahasiswa Semester 6 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) diawali dengan pembukaan program MBKM yang dilaksanakan di ruangan BTQ milik MTs Darul Ulum Waru. Selepas acara pembukaan selesai, masing-masing prodi berpisah sejenak untuk berkumpul dengan guru pamong masing-masing. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) berkumpul dengan Ibu Ucik Nurul Hidayati S.S, selaku guru pamong Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk berdiskusi tentang banyak hal bersama beliau terkait maksud, tujuan, kebutuhan yang kami perlukan dalam melaksanakan program MBKM dengan lebih spesifik, seperti jam pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga karakteristik siswa.

Setelah melakukan sesi diskusi, beliau meminta mahasiswa PBI untuk melakukan modeling di ruangan kelas 8I untuk melihat situasi kelas dan metode seperti apa yang beliau gunakan untuk mengajar. Tepat pukul 10.00 mahasiswa PBI mengikuti Ibu Ucik untuk masuk  ke kelas 8I dan melakukan modeling khususnya dalam melihat cara beliau mengajar, situasi, kondisi dan interaksi di dalam kelas.

Pembelajaran dimulai dengan sapaan hangat dari guru kepada siswa, diikuti dengan pemeriksaan kehadiran siswa di kelas 8I. Guru kemudian menanyakan tentang tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, sebagai upaya membangkitkan minat siswa. Guru menggunakan media gambar atau poster dengan tema “Green the Earth” sebagai upaya memastikan siswa tetap memperhatikan. Kemudian, guru melanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Nature” menggunakan poster sebagai media utamanya. Selama proses penyampaian materi, guru menyelipkan beberapa pertanyaan-pertanyaan untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa. Kami juga mendapat kesempatan untuk melaksanakan kegiatan modeling di kelas lain juga, yakni kelas 8F, 8G, dan 8H. Selama proses pembelajaran, kami mampu melihat dinamika kelas yang beragam dan interaktif. Siswa menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme dalam menjawab pertanyaan pada awal pembelajaran, serta tidak ragu untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Walau seiring jam pelajaran berlalu, beberapa siswa mulai menunjukkan rasa bosan dan tidak memperhatikan guru. Meskipun demikian, guru tetap memandu diskusi pembelajaran, serta sesekali memberikan penguatan positif dan apresiasi terhadap jawaban-jawaban yang diberikan oleh siswa. Kondisi kelas menunjukkan suasana pembelajaran yang hidup dengan interaksi antar siswa yang tercermin dari diskusi-diskusi kecil dan saling berbagi pemahaman tentang materi yang sedang dipelajari. Keaktifan siswa didik dalam pembelajaran juga terlihat dari gestur tubuh dan ekspresi wajah mereka yang menunjukkan keterkaitan terhadap materi yang disampaikan.

Dari kegiatan Modelling ini kita mendapat penguatan mengenai tanggung jawab mengenai kedisiplinan , dan kejujuran, selain itu juga penguatan karakter dari kegiatan modelling ini adalah adalah kerja sama antara guru dan juga siswa seperti halnya saat guru menerangkan tentang materi siswa mendengarkan dengan baik , tidak hanya itu dari kegiatan  modelling ini juga mengajarkan kita sebagai calon guru untuk mempersiapkan diri menjadi guru yang profesional sesungguhnya.

Melalui kegiatan modeling memberikan pengalaman serta membuka wawasan yang berharga bagi kami. Kami tidak hanya mempelajari metode pengajaran yang telah diterapkan di kelas, namun juga memahami pentingnya pendekatan kreatif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa menerima input yang cukup sehingga output  yang dihasilkan dapat maksimal atau sesuai yang diharapkan. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya pengalaman dan pengetahuan kami, namun juga mengajarkan kami tentang kesabaran dan fleksibilitas dalam menghadapi situasi kelas yang berbeda. Kami semakin terinspirasi dalam mengembankan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Harapannya, kegiatan MBKM ini dapat menjadi langkah awal bagi kami untuk berkontribusi di dunia pendidikan, khususnya dalam mencetak generasi muda yang aktif, kreatif, serta memiliki wawasan yang luas.