Berita

Jakarta, 21 April 2024 merupakan momen bersejarah bagi seluruh Mahasiswa Hukum yang mengikuti pegelaran Indonesian Law Debating Competitian Tahun 2024. Pasalnya pada tanggal tersebut bersamaan dengan diperingatinya Hari Kartini di Indonesia. Tidak kalah dalam hal ini ialah Delegasi dari LDC Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya. Tim Delegasi yang diwakili oleh M. Rijal Firdaus (HTN), Umi Azmi Fitriyah (HTN), dan Deanna Nurtifara (HKI) mampu melanggeng pada Babak Final pada kompetisi tersebut.

Juara 2 FH UI FSH UINSA dengan Prof. Dr. Jimly Asshiddiqqie, S.H.

Kompetisi Debat Hukum Nasional Indonesian Law Debating Competitian yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Univeristas Indonesia pada tahun 2024 ini mengambil tema “Gelora Kontestasi Gagasan dalam Transformasi Hukum sebagai Langkah Menuju Babak Baru Indonesia Emas”. Kompetisi ini menyuguhkan beragam jenis kompetisi, diantaranya Debat Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional, Debat Hukum Siswa Tingkat Nasional dan Esai Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional.

Tim LDC Fakultas Syariah dan Hukum lagi-lagi mendapatkan capaian yang membanggakan. Pada kompetisi ini, Tim Delegasi mendapatkan Juara 2 dari 24 Kampus Fakultas Hukum yang mengikuti dari babak penyisihan. Tidak mudah, pada babak penyisihan diselenggarakan secara daring pada tanggal 23 Maret 2024, dari 24 Tim yang bertanding dibagi menjadi 6 Chamber (Group) dan delegasi dari FSH UINSA masuk pada Chamber C, bersama dengan 3 peserta dari Fakultas Hukum yang lain. Pertandingan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu, berlangsung cukup alot dan baru selesai pada pukul 20.00 WIB.

Pada Babak Semifinal Tim Debat Hukum UINSA harus bertanding dua kali dalam 1 Chamber A melawan Universitas Pelita Harapan (UPH), Surabaya dan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta sebelum pada akhirnya Lolos ke Babak Final. Di Babak Final pertandingan dilaksanakan di Gelora Auditorium Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Perdebatan yang mempertemukan Tim asal Kota Pahlawan lainya (Universitas Airlangga) ini berlangsung cukup menegangkan. Masing-masing Tim saling memberikan Interupsi perlawanan dengan cukup baik.

Rijal selaku Ketua Tim menyampaikan bahwa “Hasil ini adalah hasil kerja keras dan kerja cerdas semua elemen di Fakultas Syariah dan Hukum. Terutama solidnya Tim, yang rela menunda pulang lebaran, datang setiap pagi dan pulang malam untuk membedah mosi. Tidak lupa kehadiran Tim Riset yang membantu membedah mosi cukup dalam sehingga memudahkan kami untuk diskusi secara substansial. Tentu, kehadiran Pembina juga menjadi sangat penting untuk menguatkan dan mempertajam argumentasi. Saya selaku Ketua Tim menyampaikan terimakasih kepada Pak Lutfil, Pak Bagus, Bu Ilmi dan Bu Helga, termasuk Pak Yasin yang bersedia serta meluangkan waktu berdiskusi dengan kami”. Ujarnya.

Selain itu, Bapak Moh. Bagus, M.H sebagai pendamping juga menyampaikan bahwa “Hasil yang diperoleh pada hari ini, bukanlah melalui proses yang mudah. Ketika Mahasiswa yang lain mungkin sudah pulang, istirahat atau bahkan bermain dengan teman sejawatnya, mereka yang Juara harus rela saya minta membaca dan mengkaji puluhan jurnal-jurnal, bahkan tidak sedikit jurnal-jurnal yang berbahasa asing. Oleh karenanya, pencapaian hari ini adalah timbal balik dari kerja keras mereka semuanya. Imbuhnya.

Kendati demikian, Pak Bagus juga berharap Tim senantiasa tetap meningkatkan kualitas belajar dan berlatih dengan bersungguh-sungguh. Ia juga berharap, FSH UINSA tetap melanjutkan tren positif dengan terus menjuarai lomba-lomba yang pernah dijuarai sebelumnya.  Pada akhir, beliau turut berpesan kepada Mahasiswa UINSA untuk menjaga semangat dan gigih mengejar impiannya.

Sebagai Informasi:

Juara 1                         : Universitas Airlangga

Juara 2                         : UIN Sunan Ampel Surabaya

Juara 3                         : Universitas Gadjah Mada

Juara Harapan 1          : Universitas Brawijaya