Berita

Pendidikan Profesi Guru

Monday, 29 August 2022

Memasuki Tahapan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas, Prodi PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Berikan Penguatan Kapasitas Bagi Dosen yang Akan Bertugas

PPG News – Surabaya, Senin 29 Agustus 2022. Program Studi Pendidikan Profesi Guru gelar penyamaan persepsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi dosen Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting yang dihadiri oleh seluruh dosen PTK  LPTK UINSA.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag, M.Pd (Dekan/Ketua LPTK). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sesungguhnya  bermuara pada temuan masalah dan bagaimana guru memperbaiki mutu pembelajaran yang ada di kelas sehingga membutuhkan skill untuk mengidentifikasi hal tersebut.

Mekanisme Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas disampaikan oleh Dr. Taufik, M.Pd.I. belia memaparkan terkait jadwal pelaksanaan PTK yang akan dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 2 dan 3 september 2022, bentuk tagihan pada tahapan PTK yakni berupa proposal PTK dan instrument. 

Hal yang tak kalah penting dalam tahapan PTK tersebut yakni proposal yang akan disusun disesuaikan dengan rencana/materi yang akan diajarkan ketikan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)  pada bulan September mendatang karena PTK nantinya dilakukan terintegrasi dengan PPL artinya apa proposal yang telah disusun penelitiannya dilakukan pada saat pelaksanaan PPL. [Aini].