Berita

Surabaya, 15 November 2023 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan pesantren kampus, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon melakukan kegiatan benchmarking ke Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya pada hari Rabu. Empat utusan dari Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon tiba di UIN Sunan Ampel Surabaya pada pukul 09.00 WIB. Mereka diterima oleh tim Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel yang langsung dipimpin oleh Prof. Saiful Jazil yang menjabat sebagai Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemajuan pesantren kampus. Muhsin Riyadi menjelaskan bahwa tujuan utama benchmarking ke Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya ini adalah untuk mengembangkan Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan belajar tata kelola, program pembinaan, serta sistem penganggaran Ma’had. Saya yakin ini bisa saya dapatkan dari Ma’had Al-Jami’ah UIN Surabaya, tegasnya Muhsin dalam sambutannya.
Sebagai tuan rumah Prof. Saiful Jazil Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah UINSA Surabaya menyambut hangat tamu dari Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa silaturrahim ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk kemajuan kedua lembaga yaitu Ma’had UINSA dan Ma’had IAIN Syeh Nurjati Cirebon yaitu dengan mengambil sesuatu yang baru yang bisa diterapkan di masing-masing ma’had. Beliau menegaskan bahwa Ma’had Al-Jami’ah ke depan juga harus memberikan sumbangsih atas penerimaan BLU di PTKIN dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendatangkan finasial.
Benchmarking ini diharapkan membawa manfaat besar bagi kedua institusi, mendukung pertukaran pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan Ma’had Kampus yang lebih baik dalam mendukung visi misi kampus. Kegiatan ini juga menegaskan komitmen Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Ma’had Al-Jami’ah UIN SA untuk terus berkembang dan berkolaborasi dengan institusi-institusi terkemuka dalam mendukung pendidikan Islam yang berkualitas.