Berita

Surabaya, 2 Februari 2024 – Yudisium ke-30 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FISIP UINSA) yang diselenggarakan kemarin menjadi momen penting bagi lembaga dan para lulusan dari program studi Sosiologi, Hubungan Internasional, dan Ilmu Politik. Acara yang diselenggarakan di lantai 5 Auditorium FISIP UINSA pada pukul 13.00-15.00 WIB ini merupakan rangkaian acara menuju Wisuda ke-106 yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 3 Februari 2024 mendatang.

Dekan FISIP UINSA Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag., menyampaikan amanat yang menekankan pentingnya mengembangkan soft skills di samping keterampilan akademis. Beliau menekankan pentingnya keterampilan yang diasah dalam kegiatan kita sehari-hari seperti kedisiplinan, ketepatan waktu, dan perilaku profesional. Keterampilan-keterampilan tersebut amat dibutuhkan dalam dunia kerja, terutama bagi para fresh graduates saat menjalani lamaran kerja dan wawancara.

Selain mendorong para lulusan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di dunia kerja, Prof. Chalik juga dengan bangga mengumumkan pencapaian status akreditasi universitas Unggul pada awal tahun 2024 ini. Terlebih lagi, status program studi Sosiologi dan Ilmu Politik yang juga telah mendapatkan akreditasi Unggul menempatkan lulusan UINSA sejajar dengan institusi bergengsi lainnya seperti UI, UGM, dan ITB. Sementara program studi Hubungan Internasional masih menunggu asesmen lapangan dan akreditasi internasional dari FIBAA, Dekan Prof. Chalik menyampaikan harapannya untuk meraih akreditasi Unggul dalam waktu dekat.

Yudisium ke-30 kemarin menjadi perayaan bagi pencapaian akademis 78 mahasiswa, yang menandai selesainya perjalanan mereka menempuh pendidikan di FISIP UINSA. Para lulusan luar biasa yang patut mendapatkan apresiasi lebih adalah Angga Setiawan, Windy Isnaeni, dan Diannita Septy Anggraeni dari Ilmu Politik, Dinda Trinita, Nurul Qomariyah Maulidina, Irma Setya Ningrum dari Ilmu Hubungan Internasional, serta Fatimatus Zuhriyya, Muchammad Ilham Saifullah, Lila Faqih Azi dan Rohmah dari Ilmu Sosiologi. Mereka semua tidak hanya berhasil mendapatkan gelar S.Sos., tetapi dengan membanggakan telah meraih predikat Cum Laude dengan IPK yang hampir sempurna.

Selain pencapaian akademis, Yudisium ini juga menjadi pengingat akan tanggung jawab dan kesempatan yang menanti para lulusan dalam perjalanan profesional mereka. Seiring dengan persiapan mereka untuk memasuki dunia kerja, FISIP UINSA yakin akan kualitas dan kesiapan para lulusannya. Upacara Wisuda ke-106 pada tanggal 3 Februari 2024 mendatang diharapkan menjadi acara yang penuh makna, untuk merayakan pencapaian dan potensi para profesional yang baru saja dilahirkan oleh FISIP UINSA. (WD)