Berita

@Pendidikan Profesi Guru

Saturday, 7 May 2022

LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA ADAKAN SOSIALISASI PENYAMAAN PERSEPSI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJAARAN DAN PTK KEPADA PARA DOSEN PPG ANGKATAN I TAHUN 2022

Surabaya, 07 Mei 2022 hari Sabtu melalui zoom meeting LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya melaksanakan kegiatan Penyamaan Persepsi Pengembangan Perangkat Pembelajaran & PTK PPG Daljab Angkatan 1 Tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik sekaligus Ketua Pengelola PPG PAI LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Bapak Prof Dr H. Ah. Zakki Fuad, S.Ag, M.Ag, Ketua Prodi PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Bapak Dr H . Muh Khoirul Rifai, M.Ag, dan seluruh pengelola serta 37 dosen PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Bapak Dr. Taufik, M.Pd.I, dan Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd.

Dalam sambutannya Bapak Prof Dr H. Ah. Zakki Fuad, S.Ag, M.Ag menyampaikan terimakasih banyak kepada semua dosen dan panitia yang telah bekerja maksimal pada pelaksanaan PPG tahun 2022. Beliau berharap agar pelaksanaan lokakarya dan PTK yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya beliau membuka kegiatan ini  dengan bacaan basmalah.

Penyampaian Mekanisme Pengembangan Perangkat Pembelajaran & PTK PPG Daljab Angkatan 1 Tahun 2022 disampaikan oleh Dr. Taufik, M.Pd.I. Beliau menjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPP) dan PTK mulai dari alokasi waktu pelaksanaa, isi dan mekanisme yang akan dilakukan. Dalam PPP terdapat beberapa poin yang harus dipenuhi yaitu analisis SKL, KI dan KD, bahan ajar dan media pembelajaran, AKM dan survey karakter, evaluasi pembelajaran, RPP dan video pembelajaran. Selain itu beliau juga menjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan PTk yang meliputi cakupan materi, format dan Teknik pengumpulan data serta presentasi.

Materi selanjutnya disampaikan oleh narasumber yang kedua yaitu Bapak Muhammad Syahru Ahmad, M.Pd.  berkaitan dengan Pengenalan dan Simulasi LMS. Beliau memberikan penjelasan terkait fitur apa saja yang akan digunakan pada LMS dalam pelaksanaan lokakarya dan PTK. Pada dasarnya semua fitur yang akan digunakan hamper sama dengan fitur yang digunakan dalam pembelajaran sebelumnya hanya saja terdapat beberapa poin yang berbeda seperti topik penugasan dan fitur dalam PTK. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini ditutup dengan pembacaan do’a oleh Dr. Muhammad Fahmi, S.Pd.I, M.Hum., M.Pd.