Berita

Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel hampir berakhir. Program MBKM ini berjalan selama 4 bulan, dengan waktu pelaksanaan yang berbeda.

Lima Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora yang saat ini sedang melakukan magang di Jawa Pos Radar Mojokerto (JPRM) dan hampir menyelesaikan tugasnya. Hari ini, Senin (27/5) pagi, Pihak Universitas Islam Negeri Sunan Ampel melakukan kunjungan dalam rangka mengevaluasi kinerja mahasiswa UINSA selama melakukan magang di Jawa Pos Radar Mojokerto.

Pihak Monev (Monitoring dan Evaluasi) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel menemui Dosen Pamong Mahasiswa yang juga menjabat sebagai Manajer Online dan Media Sosial JPRM Imron Arlando. Pihak Monev yang berkunjung ke Kantor Radar diwakili  oleh Dr. M. Lathoif Ghozali, Lc., M.A, Dr. Sri Wigati, M.EI, dan Mochammad Ilyas Junjunan, M.A.

Dalam pertemuan singkat tersebut, mahasiswa sempat mengisi berkas yang berkaitan dengan MBKM Magang. selain itu, pihak Monev juga membahas kinerja mahasiswa selama magang di Jawa Pos Radar Mojokerto. “Mahasiswa yang magang disini, awalnya mengalami kesulitan menulis berita hingga minggu kedua. Akan tetapi, untuk selanjutnya hingga saat ini, kinerja mereka sudah cukup bagus,” ungkap Imron, selaku pamong mahasiswa.

Menurut Imron, para mahasiswa magang pada saat itu masih adaptasi dengan lingkungan baru dan bagaimana cara kerja wartawan. Sehingga mereka terkadang kesulitan untuk menemukan narasumber. Dengan kesulitan tersebut, menyebabkan tidak tepat waktunya berita yang dibutuhkan. “Terkadang narasumber baru bisa ditemui besok untuk wawancara, padahal beritanya akan diterbitkan besok. Sehingga tidak ada yang diberitakan.” lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, Imron menjelaskan bahwa, para mahasiswa magang pada saat itu belum bisa memahami pemikiran wartawan saat ingin melakukan liputan. Wartawan biasanya sudah mempunyai rencana berita yang akan digunakan. Dengan penyampaian Imron Arlando, pihak monev menyambut saran dan kritik. sehingga pertemuan yang terlaksana hari ini berjalan dengan lancar. Pertemuan ini ditutup dengan sesi foto bersama Pihak Monev, Imron Arlado, dan para mahasiswa magang.