Berita

Kamis, 15 Juni 2023, Kunjungan Pengelolaan Limbah Industri dilakukan oleh ada 10 mahasiswa/i Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Kelas HES6B melakukan kegiatan kunjungan industri di PT Winapack Gedangan, Sidoarjo. Kegiatan ini didampingi langsung oleh Ibu Dian Susantini selaku dosen pengampu mata kuliah Hukum Lingkungan. Kegiatan kunjungan pengelolaan limbah industri diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh perwakilan perusahaan. Beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa/i dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. Tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan industri ini adalah dapat menambah wawasan mahasiswa/i prodi HES UINSA. Harapannya, mahasiswa/i bisa mengetahui praktik lapangan secara langsung mengenai pengelolaan limbah industri pada PT Winapack.

Mahasiswa Prodi HES FSH UINSA Berkunjung Ke Pengelolaan Limbah Industri
Mahasiswa Prodi HES FSH UINSA Berkunjung Ke Pengelolaan Limbah Industri

Setelah acara sambutan dan pembukaan, acara selanjutnya yakni mahasiswa/i diberikan penjelasan tentang industri pengelolaan limbah PT Winapack. Penjelasan tersebut meliputi produk yang dihasilkan, teknologi yang digunakan, limbah sisa produksi, serta pengelolaannya yang membutuhkan pihak ketiga. Tak lupa juga Ibu Dian dan para mahasiswa memberikan cinderamata kepada pihak perwakilan perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Mahasiswa Prodi HES FSH UINSA Berdiskusi dengan Pengelolaan Limbah Industri
Mahasiswa Prodi HES FSH UINSA Berdiskusi dengan Pengelolaan Limbah Industri
Mahasiswa Prodi HES FSH UINSA Mengambil Mata Kuliah Hukum Lingkungan
Mahasiswa Prodi HES FSH UINSA Mengambil Mata Kuliah Hukum Lingkungan

Proses Produksi

Tak usai sampai disini, kegiatan kunjungan tetap dilanjutkan. Para mahasiswa/i kemudian diajak secara langsung untuk observasi kegiatan yang ada di pabrik pengelolaan limbah dengan didampingi perwakilan PT. Winapack. Dalam sesi observasi para mahasiswa/i diberikan kebebasan untuk berkeliling. Tak hanya itu, mereka juga dapat melakukan wawancara kepada para karyawan. Sesi observasi dimulai dari ruangan elektrik yang mana diruangan ini dapat dijumpai kabel-kabel sisa produksi. Salah satu karyawan menjelaskan jika kabel-kabel tersebut bisa berpotensi untuk dapat digunakan kembali. Setelah di ruangan elektrik, mahasiswa/i mengeksplorasi tempat selanjutnya. Terlihat beberapa mahasiswa/i berpencar untuk mewawancarai para karyawan yang sedang bekerja. Selama kegiatan observasi berlangsung, mahasiswa/i diberikan secara rinci penjelasan mengenai peran dan fungsi setiap departemen.

Mahasiswa HES FSH UINSA Melihat Kegiatan Operasional Pengelolaan Limbah Industri
Mahasiswa HES FSH UINSA Melihat Kegiatan Operasional Pengelolaan Limbah Industri

Mahasiswa/i juga dijelaskan mengenai teknologi atau metode yang digunakan dalam proses produksi. Mereka juga diberikan kesempatan secara langsung untuk melihat mesin-mesin yang digunakan di industri tersebut. Setelah 30 menit berlangsung, seluruh mahasiswa/i berkumpul kembali untuk melanjutkan observasi terkait pengelolaan limbah. Perwakilan dari PT. Winapack membimbing mahasiswa/i terkait proses hingga pengelolaan limbah. Mereka kemudian digiring ke tempat penampungan sementara (TPS) yang berisikan limbah.

Setelah dari TPS, eksplorasi telah selesai dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama para ahli di industri. Mahasiswa/i diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai topik yang telah disampaikan sebelumnya. Kegiatan ekplorasi tersebut memakan waktu selama hampir 2 jam. Kegiatan terakhir adalah penutupan oleh perwakilan industri. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap kunjungan ini mampu menginspirasi. Kunjungan ini dapat memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa/i prodi HES UINSA. Tak lupa, penutupan juga diakhiri dengan doa bersama. Harapannya, apa yang diperoleh selama kunjungan dapat bermanfaat dan pulang dengan selamat. Kegiatan kunjungan ini telah sukses dilaksanakan. Acaranya berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Para mahasiswa/i juga mendapatkan wawasan praktis mengenai proses produksi hingga pengolahan limbah industri.