Berita

Pada hari Senin 6 Februari 2023, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menerima kunjungan dari tiga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam waktu bersamaan yaitu UIN Mataram, UIN Alaudin Makasar dan IAIN Palopo. Ketiga kampus yang hadir diterima oleh pimpinan FTK diantaranya jajaran Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Wakil Dekan Bidang AUPK, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Koordinator TU, Ketua dan Sekertaris Jurusan, serta Ketua dan Sekertaris Prodi.

Masing-masing perwakilan dari perguruan tinggi menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke FTK UINSA. Wakil Rektor 3 IAIN Palopo, Dr. Mahaemin, MA dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan FTK UINSA. Selain itu juga sangat bersyukur karena bisa sekaligus bertemu dengan UIN Alaudin Makasar dan UIN Mataram. “Kami beserta tim datang untuk belajar dari kampus-kampus besar terkait pengelolaan akademik dan pengembangan pembelajaran, maka salah satunya kami kirimkan juga salah satu dosen kami untuk studi S3 di UINSA dan UIN Makasar”  jelasnya.

Sambutan dilanjutkan disampaikan oleh Dekan FTK UIN Mataram, Dr. Jumarim, MH. “Ke Jawa Timur kalau tidak ke sini (red UINSA), kami berdosa. Meskipun tahun lalu kami sudah kesini, dan secara fisik tidak ada perubahan tetapi kami kesini seperti sowan/mengunjungi orang tua kami ” sambutnya. Selanjutnya sambutan disampaikan Wakil Dekan 1 FTK UIN Alaudin Makasar Dr. M. Shabir U, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke FTK UINSA. Selain itu juga bersyukur bisa bertemu dengan tim dari UIN Mataram dan IAIN Palopo. Beliau menyampaikan bahwa kedatangannya ingin mengetahui bagaimana pengelolaan akademik pada PPG agar bisa meningkatkan kualifikasi dan kompetensi input mahasiswa yang relatif rendah. “Kami mohon bisa sharing best practicenya untuk memperkaya hasanah kami dalam pengelolaan PPG” tukasnya.

Pimpinan FTK UINSA yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungannya ke FTK serta permohonan maaf atas penyambutan yang ala kadarnya. Beliau menyampaikan dalam pengelolaan akademik tentunya tidak bisa berjalan sendirian, sudah tentu disokong dari berbagai penjuru agar inovasi-inovasi yang direncanakan dapat terealisasi dengan baik. Setelah itu dalam sesi diskusi, wakil dekan bidang AUPK Prof. Dr. Jauharoti Alfin, M.Si menyampaikan berbagai hal terkait kepengelolaan PPG baik secara akademik maupun secara teknis keuangan. Diskusi berlangsung sangat dinamis dan mengalir sampai semua hal yang ingin diketahui masing-masing pihak dapat tercapai. Kegiatan benchmarking diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan berfoto bersama.