Berita

Pada tanggal 10 Januari 2023 telah terlaksana Studi visit kolaborasi dengan Kelompok Studi Lingkungan Kanca Semar di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) SIER. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada warga HMTL UINSA mengenai system kerja operator lapangan dari IPAL SIER yang sesuai dengan mata kuliah Metode Analisis Pencemaran Lingkungan (MAPL).

   Acara ini dimulai pada pagi hari dengan dipandu secara langsung oleh staff ahli IPAL SIER. Kita semua diberikan arahan mengenai safety apa saja yang harus digunakan oleh para staff IPAL SIER, lalu system kinerja masing –masing operator beserta jumlahnya serta sejarah dibangunnya IPAL SIER.

    IPAL ini terbentuk pada tahun 1980 oleh PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Persero dengan  luas ± 3,2 Ha dengan kapasitas 10.000 m3/hari yang kemudian ditambah pada Tahun 2013 menjadi 28.000 m3/hari. Baik limbah industri maupun limbah rumah tangga yang berasal dari pabrik-pabrik akan diolah hanya menggunakan proses fisika dan biologis serta tidak menggunakan bahan kimia apapun. Setelah diproses, limbah akan diuji melalui laboratorium untuk mengetahui kesterilan output dari IPAL.

  Dalam program ini, mahasiswa belajar cara kerja bangunan-bangunan antara lain:, sumur pengumpul, sedimentasi pertama, parit oksidasi (oxidation ditch), clarifier (sedimentasi kedua), sludge drying bed (bak pengering lumpur), kolam pantau, pengelolaan lumpur B3.

Diharapkan setelah terlaksana program ini dapat menjadi wawasan baru dan mahasiswa mampu melihat teori dan praktik di lapangan serta kondisi – kondisi apa saja yang perlu diperhatikan dalam instalasi pengolahan limbah ini.