Berita

Pendidikan Profesi Guru

Thursday, 28 July 2022

Jalankan Amanah Sebagai Tempat Ujian Kompetensi (TUK), LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Siap Sukseskan Uji Pengetahuan (UP) PPG

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sunan Ampel Surabaya terpilih menjadi 10 LPTK Tempat Ujian Kompetensi (TUK) Program Profesi Guru (PPG) dari 28 Penyelenggara PPG. Dalam rangka persiapan Uji Pengetahuan (UP) yang merupakan bagian dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG), Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S. Ag, M.Pd menandatangani Perjanjian Kerjasama antara Pengelola UP UKMPPG  dengan FTK UINSA selaku TUK untuk pelaksanaan UP UKMPPG batch 1 tahun 2022. Lingkup kerjasama   tersebut meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan UP dalam kurun waktu 1 Juli sampai 31 Agustus 2022.

Penandatangan Perjanjian kerja sama tersebut dilaksankan pada forum Focus Group Discussion (FGD)  Persiapan Akhir TUK UP UKMPPG Periode 2022 yang dilaksanakan di Yogyakarat pada tanggal 28-30 Juli 2022. Kegiatan tersebut diiukuti oleh 10 TUK UP UKMPPG, Panitia Nasional PPG Kemenag, dan Panitia Nasional UKMPPG dari Kemendikbud. Dalam kegiatan tersebut Prof. Thohir melaporkan kesiapan LPTK UIN Sunan Ampel sebagai TUK UP UKMPPG, dalam laporannya beliau menyampaikan “Mendapatkan amanah sebagai TUK kami berkomitmen untuk mensukseskan UKMPPG, komitmen tersebut diwujudkan dengan menugaskan 50 orang pengawas dalam mendampingi 991 peserta ujian, proses pendampingan  dilakukan dengan memastikan seluruh peserta ujian telah bergabung dalam WAG Ruang virtual masing-masing dan menbimbing peserta dalam menyiapkan perangkat serta aplikasi ujian. Selin itu, kami juga memastikan sarana yang akan digunakan pengawas dalam melaksanakan tugasnya yang dipusatkan di laboratorium integrasi UINSA”.

Selain penandatangan perjanjian kerja sama dan pelaporan persiapan TUK, Kegiatan FGD dilanjutkan dengan beberapa agenda diantaranya peyampaian pedoman pelaksanaan UP, pengenalan sistem ujian serta aplikasi pengawasan untuk penyelia, panitia, dan pengawas yang disampaikan oleh Tim Panitia Nasional UKMPPG. Agenda  lainnya adalah pemaparan dan arahan terkait desain pelaksanaan UKMPPG di lingkungan kementrian agama yang disampaikan oleh Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag., Direktur Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah ,Dr. Muhammad Zain, M.Ag, dan Direktur Direktorat Pendidikan Agama Islam, Drs. H. Amrullah, M.Si,. Acara ditutup dengan pelaksanaan uji coba sistem UP UKMPPG. Seluruh rangkaian acara FGD tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan UP UKMPPG pada hari Minggu 31 Juli 2022.