Column UINSA

ILMU KUNCI PENINGKATAN KUALITAS*

Oleh: Dr. Ries Dyah Fitriyah, M.Si.
Wakil Dekan Bidang AUPK Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA Surabaya

***

*Paparan ini disampaikan pada kesempatan Apel Pagi Senin, 11 Desember 2023 di Auditorium UINSA Kampus A. Yani Surabaya

_*_

Alhamdulillahi Rabbil Aalamin.

Atas segala Nikmat Allah kita diberikan kesehatan. Semoga selalu diberikan kelapangan hati, kebahagiaan dalam menjalankan tugas keseharian di kampus ini.

Kampus ini memiliki mimpi besar untuk menjadi perguruan tinggi berbadan hukum. Tentu membutuhkan effort yang juga sama besarnya. Baik terkait dengan finansial maupun persiapan sumber daya manusia yang bisa mengikuti percepatan itu.

Jika kita menukil pada Surah Al-Mujadalah ayat 11:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ – ١١

Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.”

Dari ayat ini kita tahu bahwa ilmu adalah menjadi salah satu kunci peningkatan kualitas dan yang akan menaikkan derajat seseorang. Jika ilmu itu akan memiliki kontribusi pada peningkatan keimanan.

Kita menjadi saksi, bagaimana para pendahulu di UIN Sunan Ampel ini dengan keilmuannya, dengan keimanannya InsyaAllah mampu menjaga nama besar kampus ini, Sunan Ampel. Jika kita analogikan sebagai ibu, kampus ini sudah melahirkan banyak kampus-kampus ternama di Jawa Timur, Kalimantan, Lombok itu berkat dari ilmu para leluhur.

Semoga apa yang dilakukan para leluhur menjadi satu motivasi bagi kita untuk bersama-sama mewujudkan mimpi besar kampus ini dengan menjaga keimanan dan terus berupaya untuk mengembangkan keilmuan kita.

Demikian yang bisa saya sampaikan.

Wallahul muwaffiq Ila aqwamith-thariq wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.