Berita

Rabu, 3 Mei 2023 adalah hari kedua diselenggarakannya acara AICIS 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Ahmad Yani. Latar belakang acara ini adalah untuk mengimplementasikan prinsip Rahmatan Lil Alamin dalam semua aspek kehidupan. Di era saat ini, umat islam menghadapi tantangan baru dan kompleks. Hal tersebut perlu adanya pendekatan dengan cara yang tepat dan dapat diterima. AICIS 2023 hadir untuk merespon hal tersebut.

Gambar 1. Ibu Kaprodi Ilmu Falak Sebagai Panelis AICIS 2023

Ibu Siti Tatmainul Qulu, M.S.I., selaku dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum menjadi salah satu panelis dalam kegiatan tersebut. Beliau membahas mengenai “The Urgency of Fatwas and Isbat Assemblies in Determining the Beginning of The Month of Kamariyah In Indonesia.” Suasana ruang 906 K.H Mahrus Aly Lantai 9 terlihat begitu hangat.

Penentuan awal Qamariah adalah suatu persoalan yang sangat penting bagi seluruh umat islam. Bahkan di Indonesia sendiri penentuan bulan ini masih menjadi hal yang diperdebatkan sebab banyak sekali perbedaan hari. Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam bentuk ormas agama seperti, LDII, NU, Muhammadiyah, dll. Adanya rukyat hilal untuk menentukan awal bulan Qamariah merupakan salah satu usaha dari pemerintah untuk menyikapi permasalahan yang ada.

Jika dilihat di dalam kajian Ushul Fiqh sidang isbat dilakukan demi mencapai kemaslahatan bersama. Forum diskusi mengenai telaah kritis sidang isbat dalam perspektif Ushul Fiqh ini semakin meriah. Hal tersebut terlihat dari antusiasme para peserta yang hadir di dalam forum. Banyak dari kalangan akademisi maupun mahasiswa sangat menikmati forum diskusi ini. Setelah pemaparan materi, tak ketinggalan juga sesi tanya jawab. Para peserta forum diskusi aktif dan bersemangat untuk bertanya kepada panelis.