Berita

Surabaya, 15/08/2024-Hari ini sebanyak 421 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya resmi memulai babak baru dalam hidup mereka. Acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun ini berlangsung meriah dengan berbagai rangkaian kegiatan yang menarik. Mahasiswa baru antusias mengikuti berbagai kegiatan PBAK, mulai dari penampilan seni, orasi ilmiah, hingga perkenalan dengan organisasi kemahasiswaan. Suasana kampus terasa hidup dengan semangat kebersamaan.

Tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, penutupan PBAK FISIP 2024 kali ini masih diselimuti dengan bayang-bayang suasana penutupan tahun kemarin. Arahan untuk kumpul di lapangan utama FISIP dengan membentuk lingkaran serta hiasan dari Giant Flag turut membuat kondisi lapangan jadi lebih menarik.

Menurut ketua pelaksana sendiri yakni Faisal, konsep yang telah dipilih oleh Panitia PBAK FISIP pada tahun ini hanya dibedakan dengan penggunaan merchandise oleh peserta. Dengan hadirnya merchandise ini sebagai tanda pengimplementasian dari tagline Askara Jingga yang mana mereka (peserta) tidak berbeda satu sama lain. Di samping itu tujuannya agar “para peserta mudah dikenali oleh para panitia”, sambung Faisal.

Suasana penutupan juga ikut dimeriahkan oleh jajaran Dekanat FISIP UINSA. Dibuka oleh Prof. Abd. Chalik, selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UINSA. Sambutan yang dilontarkan oleh Dekan juga membangkitkan semangat kepada mahasiswa baru yang tentunya agar para peserta PBAK siap mengukir prestasi di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Di tengah-tengah penutupan, Panitia PBAK mengajak para mahasiswa baru untuk melakukan sumpah bersama. Kemudian dilanjutkan dengan sorakan nyanyian yang turut memeriahkann proses penutupan. Kibaran bendera dari berbagai organisasi kemahasiswaan berkibar dengan gagah yang menambah semarak penutupan PBAK FISIP 2024.

Risma, salah satu mahasiswa baru program studi Sosiologi, mengaku sangat antusias sekali dalam mengikuti rangkaian penutupan PBAK FISIP. “Saya berharap bisa mendapatkan banyak teman baru dan pengalaman berharga selama kuliah”, tuturnya. Momen perpisahan ini menjadi kenangan tak terlupakan. “Orasi ilmiah dari para dosen senior memberikan inspirasi bagi mahasiswa baru untuk terus menggali potensi diri dan meraih cita-cita”, sambungnya.

Tak sampai situ, Raditya, peserta PBAK, juga mengatakan kalau terdapat perbedaan antara hari sebelum penutupan dan penutupan. “Komdis di hari sebelumnya kurang kooperatif, tapi saat penutupan komdis lebih kooperatif dan ramah kepada kita”, ucapnya.

Akhirnya PBAK FISIP UINSA 2023 sudah berakhir. Berakhirnya rangkaian acara pada haari ini di tutup dengan do’a Bersama oleh Dekan FISIP. Selamat menjadi mahasiswa resmi FISIP di UIN Sunan Ampel Surabaya dan  jadikan ilmu yang didapat sebagai bekal untuk meraih prestasi di masa depan. (repost-lpmparlemen)

Reporter: KZ dan FNK