Berita

@Pendidikan Profesi Guru

Monday, 21 March 2022

Hadirkan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam DIKTIS Kemenag RI , LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Selenggarakan Refreshment Instruktur PPG dalam Jabatan Tahun 2022

Sebagai rangkaian awal kegiatan PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 pada hari Senin (3/21) LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan Refreshment Instruktur PPG 2022 di Hotel Premier Juanda Sidoarjo. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 pagi dipandu oleh Master of Ceremony, Ibu Nina Indriani, M.Pd. Kegiatan dibuka oleh Master of Ceremony dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Prof. Dr. Hj. Ali Mas’ud, M.Ag., M.Pd.I selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya yang juga sekaligus merupakan Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2022. Pada kegiatan Refreshment Instruktur PPG ini, hadir juga Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Prof. Masdar Hilmy, M.A., Ph.D, untuk memberikan arahan mengawali rangkaian kegiatan PPG Dalam Jabatan 2022 termasuk didalamnya kegiatan Refreshment Instruktur PPG ini.

Setelah ranngkaian pembukaan selesai dilakukan, terdapat tiga sesi materi esensial pada kegiatan ini. Materi yang pertama adalah Kebijakan Kementerian Agama Tentang Pelaksanaan PPG 2022 yang disampaikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI , Prof Dr. Suyitno, M.Ag. Menyusul materi pada sesi yang  kedua, materi disampaikan oleh Bapak Dr. Anis Masykur, M.Ag yang saat ini adalah GTK Madrasah Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Materi yang kedua ini mengulik tentang Mekanisme Kerja PPG 2022 dan dipandu oleh moderator Bapak Dr. Taufik Siraj, M.Pd.I.

Di tengah-tengah acara, Ketua Prodi PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Dr. Muh. Khoirul Rifai, M.Pd.I memaparkan deskripsi dan perbedaan tugas dan wewenang antara Admin LMS, Helpdesk, dan juga Dosen atau Instruktur. Batas-batas yang tidak tersampaikan secara detail di tahun kemarin menjadi hal yang perlu ditindak lanjuti sehingga paparan deskripsi perbedaan tugas dan wewenang ini disusun dan dilaksanakan. “Dengan penjabaran detail ini harapannya di 2022 tidak ada kendala terkait tugas dan wewenang ini” ujar Ketua Prodi PPG FTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan Refeshment kemudian berlanjut dengan sesi ketiga yaitu simulasi Penggunaan LMS PPG Dalam Jabatan 2022 yang disampaikan oleh Bapak Agung Laksono dan masih dipandu oleh moderator yang sama, Bapak Dr. Taufik Siraj, M.Pd.I. Beberapa rekomendasi dan petunjuk teknis bagi para instruktur terkait penggunaan LMS dalam proses pembelajaran PPG diberikan Pak Agung mulai dari modul-modul yang ada pada LMS untuk pendalaman materi meliputi aktivitas pretest, kontrak belajar,  resume, analisa bahan ajar, tes formatif, analisa materi, diskusi, dan tes akhir modul. 

Hampir seluruh instruktur PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan tertib dan seksama mulai dari pagi hingga sore hari pukul 15.00 WIB. Dengan berakhirnya kegiatan ini, maka persiapan bagi para instruktur telah selesai dan siap untuk masuk pada rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu pendalaman materi.