
Surabaya, 7 Mei 2025 – Pembelajaran IPA kelas 7B di SMP Negeri 35 Surabaya berlangsung dengan penuh antusias dan tawa. Kelas yang saat itu diampu oleh mahasiswa Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) yang sedang melaksanakan program MBKM-Asisten mengajar. Mengangkat materi Sistem Tata Surya, guru menerapkan model pembelajaran *Teams Games Tournament* (TGT) yang dipadukan dengan permainan interaktif: pencarian soal sambil ditutup matanya.
Dalam kegiatan ini, siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mengirimkan satu anggota yang matanya ditutup, lalu diarahkan oleh satu anggota kelompok untuk mencari soal yang telah ditempel di berbagai sudut kelas. Setelah soal ditemukan, kelompok bekerja sama menjawab pertanyaan pada lembar jawaban yang sudah disediakan guru.

Pertanyaan yang diberikan mencakup berbagai konsep penting dalam sistem tata surya, seperti jenis-jenis benda langit, perbedaan bintang dan planet, ciri-ciri komet dan asteroid, hingga alasan mengapa bulan dikategorikan sebagai satelit, bukan planet. Soal dirancang untuk mengasah pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Model TGT ini menggabungkan pembelajaran akademik dengan elemen permainan yang mendorong kerja sama tim, komunikasi, dan strategi. Selain belajar, siswa juga dilatih untuk saling mendukung dalam menyelesaikan tantangan yang diberikan.
Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pembelajaran aktif yang dirancang untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, namun tetap fokus pada pencapaian tujuan pembelajaran. Penggunaan permainan sederhana seperti penutup mata dan pencarian soal membuat materi pelajaran terasa lebih menarik dan mudah dipahami. Dengan pendekatan ini, guru berhasil menciptakan suasana belajar yang tidak hanya efektif secara akademik, tetapi juga menyenangkan secara emosional. Model pembelajaran TGT terbukti menjadi salah satu strategi kreatif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara menyeluruh.