Berita

Unit pusat Pengembangan Bahasa (P2B) menggelar kegiatan penyusunan rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang digelar di GreenSa Inn Sidoarjo pada hari Senin, 5 September 2022.  Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dengan jumlah lebih dari 200 orang yang merupakan tutor Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dengan tujuan untuk membantu para tutor mempersiapkan diri menyusun Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPS) untuk kegiatan pembelajaran intensif bahasa Arab dan bahasa Inggris di UIN Su nan Ampel Surabaya.  Kegiatan ini dihadiri oleh  tutor Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dengan tujuan untuk membantu para tutor mempersiapkan diri menyusun Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPS) untuk kegiatan pembelajaran intensif bahasa Arab dan bahasa Inggris di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hadir pada acara tersebut narasumber, Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. Dosen sekaligus Lektor Kepala di Universitas Negeri Surabaya yang merupakan Tim Pengembang Soal AKSI (Assesmen Kompetensi Siswa Indonesia) menyampaikan langkah-langkah penyusunan rencana pembelajaran semester sesuai kurikulum perguruan tinggi (KPT) 4.0, Standar Nasional Dikti, dan BAN PT dalam paparannya beliau memaparkan beberapa poin penting dalam penyusunan RPS, diantaranya RPS paling sedikit memuat capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah dan Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memnuhi capaian pembelajaran lulusan.

Beliau menambahkan bahwa pembelajaran disetiap mata kuliah dilaksanakan sesuai RPS, selanjutnya RPS wajib ditinjau dan disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan terakhir proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata kuliah. 

Selama acara berlangsung para tutor bahasa arab dan bahasa inggris sangat antusias, banyak diskusi yang terjadi antara para peserta dengan pemateri terkait materi penyusunan RPS. Dari kegiatan penyusunan ini para tutor semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik untuk jurusan dan mahasiswa dengan membuat RPS yang komprehensif.