Berita

FPK UINSA Geber Pusat Layanan Psikologi Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan

Gunung Anyar, Surabaya – (17/01/2023) FPK UINSA mengadakan kegiatan Focused Group Discussion Kemitraan antara Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA dengan Madrasah di Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium FPK Lantai 2 dengan durasi waktu pukul 10.30-13.30 WIB. Kegiatan dihadiri oleh peserta dari Kepala Madrasah Kabupaten Probolinggo dan dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan FPK Dr. phil, Khoirun Niam dengan master of ceremony dalam kegiatan ini adalah M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. “Terima kasih atas terwujudnya kegiatan kerjasama dengan kantor Kemenag Probolinggo yang digawangi oleh Kepala PLP Bapak Lucky Abrory. Ke depan, kami sangat berharap kerjasama berjalan dengan baik sebagai wujud University Community Engagement”, ungkap dekan.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Probolinggo mengatakan bahwa Madrasah sangat dibutuhkan kontribusinya dalam pengembangan SDM di Kabupaten Probolinggo. Kerjasama dengan UINSA diperlukan dalam pendampingan:

  1. Kualitas kelembagaan dan pengelolaan madrasah.
  2. Upgrading kapasitas kepala masrasah dan guru.
  3. Peningkatan kapasitas pengawas madrasah.

Dalam kegiatan ini yang bertindak sebagai pemateri adalah Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si dan Lucky Abrory, M.Psi, Psikolog beliau menyatakan tujuan dari adanya Pusat Layanan Psikologi (PLP) untuk membedah aspek-aspek budaya madrasah yang harus ditingkatkan melalui metode survei iklim madrasah.

Selain itu, tujuan adanya kegiatan ini adalah sebagai perwujudan University Community Engagement. Hasil survey tersebut dapat digunakan sebagai rekomendasi perbaikan mutu madrasah kedepan khususnya, dan perbaikan mutu pendidikan pada umumnya. (MSH)