Berita

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menyelenggarakan pelatihan NVivo bertajuk “Pelatihan Reference Manager dan Pemanfaatan NVivo dalam Penelitian” pada hari Rabu, 3 April 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen di lingkungan FISIP UINSA.

Pelatihan ini diikuti oleh dosen-dosen dari ketiga program studi di FISIP UINSA, yaitu Sosiologi, Ilmu Politik, dan Hubungan Internasional. Diinisiasi oleh program studi Sosiologi, pelatihan ini menghadirkan Dr. (Cand) Suprapto, S.Pd., M.Si., dari Lembaga Pelatihan Penelitian Malang Research Training Center (LPP-MRTC) sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UINSA Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag., menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya fakultas untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen. “Penguasaan software NVivo sangat penting bagi para dosen dalam melakukan penelitian, khususnya dalam analisis data kualitatif,” tuturnya.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama fokus pada pengenalan pada fitur-fitur dasar NVivo dan reference manager Mendeley, yaitu software untuk mengelola daftar pustaka. Sesi kedua kemudian berfokus pada pemanfaatan NVivo dalam penelitian kualitatif, termasuk pengenalan fitur-fitur software, cara import data, dan analisis data.

Dr. Suprapto, narasumber pelatihan, menjelaskan bahwa NVivo merupakan software yang powerful untuk membantu peneliti dalam mengelola dan menganalisis data kualitatif. “NVivo dapat membantu peneliti dalam berbagai hal, seperti coding data, memoing, membangun teori, dan menghasilkan visualisasi data,” paparnya.

Dosem-dosen FISIP UINSA yang mengikuti pelatihan ini nampak amat antusias mengikuti kegiatan dan menjalankan arahan-arahan dari narasumber. Mereka berkesempatan untuk mempraktikkan langsung penggunaan software NVivo dengan bimbingan langsung dari narasumber. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para dosen di FISIP UINSA semakin terampil dalam melakukan penelitian kualitatif dan menghasilkan penelitian yang berkualitas ke depannya untuk mewujudkan visi UINSA sebagai “The Writers University.” (WD)