Berita

Bertepatan dengan tanggal cantik di penghujung tahun, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mengikuti Bimbingan Teknis Pengelola dan Tutor Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) hari pertama yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sunan Ampel Surabaya pada Senin (12/12). Pada kegiatan ini tiga orang dosen Prodi PBI, yaitu Rakhmawati, M.Pd (Ketua Prodi PBI), Fahmy Imaniar, M.Pd (sekretaris Prodi PBI), dan Hilda Izzati Madjid, MA (Koordinator Intensif Bahasa Inggris FTK) hadir sebagai peserta sedangkan Rizka Safriyani, M.Pd yang juga merupakan dosen Bahasa Inggris bertugas sebagai panitia karena memiliki posisi Koordinator Pusat Pengembangan Bahasa. Keseluruhan kegiatan dilaksanakan selama dua hari sehingga pada Selasa (13/12) diselenggarakan kelanjutan rangkaian kegiatan dari hari pertama.

Pada sesi pemaparan materi dan diskusi awal di hari pertama, hadir Ibu Khoiritul Ummatin, M.Hum dan Bapak Awaludin Rusiandi, MA dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Keduanya memaparkan tiga poin penting terkait dengan BIPA yaitu Program Kebijakan BIPA, Metodologi Pengajaran BIPA, dan Tata Bahasa dalam BIPA. Sebagai program studi yang berbasis keilmuan Bahasa, tentu pemaparan materi yang pertama ini menjadi penting bagi Prodi PBI untuk ke depan menjalin ataupun turut serta mengelola program BIPA serta mempersiapkan lulusan untuk bisa juga berpartisipasi menjadi Tutor BIPA. Pada hari pertama ini juga dilakukan Focused Group Discussion yang berkenaan dengan akumulasi ide-ide berdasarkan pengalaman-pengalaman peserta yang pernah terlibat ataupun terjun langsung sebagai Tutor ataupun pengelola BIPA.

Pada hari kedua, terdapat review materi pada sesi awal sebelum kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi dari narasumber yang kedua, yaitu Ibu Nissa Aprilia, M.Pd, M.A yang merupakan Pengurus Asosisasi Pengurus Program BIPA (APPBIPA) Jawa Timur. Sisi praktis dan mendalam yang dipaparkan oleh Ibu Nissa ini merupakan practical breakdown dari kebijakan dan ilmu terkait dengan BIPA yang disampaikan pada hari pertama. Tiga elemen penting yang beliau paparkan meliputi Media Pembelajaran BIPA, Desain Pembelajaran BIPA, dan Simulasi Mengajar BIPA. Setelah sesi pemaparan materi, para peserta termasuk dosen PBI yang hadir pada kegiatan juga melakukan penyusunan RPP dan melakukan praktik simulasi mengajar.

Dengan dilakukannya kegiatan yang berkenaan dengan BIPA untuk pertama kali di UINSA ini, diharapkan BIPA di UINSA dapat melaju dan berkembang sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan sekaligus berkontribusi mewujudkan UINSA sebagai World Class University.