Berita

Kamis, 11 Mei 2023, Dosen FSH terpilih sebagai Pembimbing Haji 2023, beliau ikut serta dalam pelaksanaan aepl kesiapan petugas haji embarkasi Surabaya 2023 yang bertempat di Halaman Gedung Grahadi Surabaya. Apel pagi ini dipimpin langsung oleh Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. selaku Gubernur Jawa Timur. Tema haji tahun ini adalah “Haji Berkeadilan, Haji Ramah Lansia, Melayani Sepenuh Hati.” Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Jawa Timur.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UINSA Sebagai Pendamping Haji 2023
Gambar 1. Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UINSA Sebagai Pendamping Haji 2023

Bapak H. Muhammad. Ghufron, LC., M.HI., Ibu Dr. Umi Chaidaroh, S.H., M.H.I, Bapak Ahmad Khubby Ali Rohmad, S.Ag, M. Si., Bapak Dr. H. Moh. Imron Rosyadi, S.Ag., M.H.I, beliau – beliau adalah Dosen FSH UINSA yang merupakan peserta pendamping haji 2023 yang dilantik di Gedung Grahadi. Prestasi yang beliau raih ini telah membanggakan nama kampus terutama FSH. Pasalnya, proses seleksi pembimbing haji tahun ini telah melalui seleksi ketat oleh Kementrian Agama.

Embarkasi Surabaya 2023

Tahun ini wilayah embarkasi Surabaya melayani jamaah haji sejumlah 36.928 orang yang telah tergabung di 84 kloter. Jamaah haji nantinya akan dilayani oleh petugas pembimbing haji kloter dan Arab Saudi. Para dokter, perawat, petugas layanan akomodasi, layanan konsumsi, dan layanan transportasi juga sudah disiapkan demi kelancaran ibadah haji tahun ini.

Gambar 2. Ibu Gubenur Jawa Timur Menyerahkan Bendara Putih Kepada Pendamping Haji 2023

Rencananya jamaah haji kloter pertama akan mulai masuk asrama haji pada tanggal 23 Mei 2023 dan kloter terakhir akan diberangkatkan pada 22 Juni 2023. “Harapannya seluruh rangkaian persiapan ibadah haji tahun ini bisa berjalan dengan lancar.” Ucap Ketua Panitia. Pemerintah tahun ini lebih konsentrasi kepada jamaah haji yang sudah lansia karena 3 tahun kebelakang terhalangan pandemi Covid-19.

Setelah penyampaian laporan dari Ketua Panitia acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh seluruh peserta petugas ibadah haji 2023. “Kami berharap bahwa seluruh petugas ibadah haji 2023 bisa bertanggungjawab sesuai dengan ikrar yang telah diucapkan. Petugas harus bisa membina, melayani, dan melindungi seluruh jamaah haji 2023.” Tutur Gubernur Jawa Timur.

“Para petugas haji harus bisa berkolaborasi dan bekerjasama menjadi bagian dari perwujudan aspek membina, melayani, dan melindungi. Semua petugas mempunyai peran yang sama-sama beratnya.” Sambung Gubernur Jawa Timur.  Acara kemudian diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan doa.