Berita

UINSA Newsroom, Senin (19/08/2024); Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., membuka sesi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana pada Senin, 19 Agustus 2024. Kegiatan PBAK yang diikuti sebanyak 307 mahasiswa baru (Maba) ini berlangsung di Gedung Sport Centre and Multipurpose KH. Syaifuddin Zuhri Kampus A. Yani UINSA Surabaya.

Rektor dalam sambutannya menegaskan, bahwa Pascasarjana UINSA Surabaya menjual kualitas yang baik. Tidak hanya sekadar biaya pendidikan yang murah tapi kualitas dipertanyakan. “Pasca UINSA tidak menjual harga murah. Pasca UINSA menjual kualitas,” ujar Prof. Muzakki membuka sambutan.

Karenanya Rektor berpesan kepada segenap Maba agar memanfaatkan kesempatan berkuliah di UINSA semaksimal mungkin. Termasuk harus ispa menghadapi berbagai tantangan di dunia perkuliahan. “Untuk sukses kuliah di Pasca itu bukan sekadar soal IQ. Bukan sekadar soal kecerdasan. Kuliah di Pasca ibarat panjenengan masuk di hutan belantara bergantung apa modal yang teman-teman bawa,” ungkap Prof. Muzakki.

Rektor juga menegaskan, bahwa mahasiswa pasca seharusnya tidak menggunakan AI semata untuk menyelesaikan tugas perkuliahan. Sebab, secara tidak langsung itu dapat mengurangi daya nalar dan kritis mahasiswa.

Kuliah pascasarjana, lanjut Rektor, adalah tentang time management. Yakni kemampuan memaksimalkan waktu untuk menggali dan mengembangkan literasi akademik. “Kuliah di Pascasarjana UINSA itu standarnya tinggi lho. Kenapa? Karena kita tidak menjual harga murah. Pasca UINSA menjual mutu, bukan harga murah,” imbuh Prof. Muzakki.

“Selamat datang teman-teman sekalian, di Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. Selamat datang di liga primer, bukan liga dua, apalagi liga tiga. Selamat datang di liga primer akademik pascasarjana di Indonesia,” tukas Prof. Muzakki. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Reportase: Iswahyudi
Redaktur Foto: MN. Cahaya