Berita

Tabuhan bedug yang membahana menjadi tanda resmi dibukanya perhelatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-22 oleh Menteri Agama RI pada hari Selasa, 02 Mei 2023, bertempat di KH. Saifuddin Zuhri UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Opening ceremony AICIS 2023 dihadiri H. Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama RI), Hj. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), Dr. Muhammad Ali Ramdhani (Direktur Jenderal Pendidikan Islam) dan Prof. Ahmad Zainul Hamdi (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam).  Acara ini dimeriahkan dengan nyanyian dan penampilan teatrikal tari bertajuk “Selebrasi Nusantara” yang dibawakan oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

Kehadiran Stand Up Comedian berdarah Batak, Boris Bokir pun menambah kemeriahan perhelatan muktamar ilmu-ilmu keislaman internasional tersebut. Sang comedian bercerita mengenai pengalamannya semasa kecil ketika di sekolah umum yang sangat dekat dengan ilmu-ilmu islam walaupun dia beragama kristen. Lingkungan rumahnya juga dekat dengan Masjid. 

Lawakannya membawa angin segar dan mencerminkan kerukunan umat beragama di Indonesia.Hal tersebut sejalan dengan tema AICIS “Recontextualizing Fiqh for Equal Humanity and Sustainable Peace” yang memiliki tiga poin penting yaitu rekontekstualisasi fikih, kesetaraan kemanusiaan dan kedamaian berkelanjutan antar umat beragama. (AOW)