Berita

Di era digital saat ini, dimana anak-anak dikelilingi oleh gadget dan teknologi, menarik perhatian mereka dalam proses belajar mengajar menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Terbatasnya sumber belajar dan media pembelajaran juga merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh kebanyakan guru. Siswa mudah bosan ketika guru mengajar menggunakan media berupa buku, LKS, dan juga video pembelajaran yang diambil dari youtube dalam menyampaikan materi kepada siswanya. Akibat yang ditimbulkan dalam minimnya penggunaan media dalam proses kegiatan belajar mengajar tersebut adalah siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran.

Oleh karena itu, untuk menyikapi hal tersebut penggunaan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, menarik, dan menyenangkan bagi anak-anak untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa menjadi solusi yang tepat.

Mahasiswa MBKM-Asisitensi Mengajar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) di MIN 2 Sidoarjo membuat media pembelajaran berupa ular tangga untuk menjadikan pembelajaran menjadi kreatif, inovatif dan menarik. Media pembelajaran permainan ular tangga merupakan hasil pengembangan dari permainan klasik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Permainan ular tangga mudah dimainkan dan disukai oleh anak-anak sehingga permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Aturan dalam permainan ular tangga adalah :

  1. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok, setiap anggota kelompok berkesempatan untuk aktif dalam permainan
  2. Permainan dimulai dengan mengambil dan melempar dadu, kemudian gerakan pion sesuai dengan hasil dadu
  3. Apabila mendapat gambar tangga, akan naik mengikuti tangga dan apabila mendapat gambar ular artinya turun
  4. Apabila mendapatkan kartu soal maka sisiwa akan mendapatkan kartu soal dari guru yang berisi pertanyaan
  5. Kelompok yang menang adalah yang paling banyak menjawab soal dengan benar dan yang pertama sampai pada garis finish.

Media pembelajaran permainan Ular Tangga ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Proses belajar yang biasanya monoton dapat berubah menjadi aktivitas yang ditunggu-tunggu. Siswa menjadi lebih antusias karena mereka terlibat dalam permainan yang menghibur sekaligus mendidik.