Berita

Surabaya — (28/08/2024) Sambut mahasiswa baru, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) laksanakan Orientasi Keprodian bagi Mahasiswa semester satu program studi (prodi) psikologi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal lebih dalam tentang kehidupan kampus serta prodi yang diminati.

Moh. Jufriadi, S.Psi menjadi narasumber pada orientasi keprodian kali ini. Beliau merupakan Human Resource (HR) Manager salah satu Hotel di Surabaya. Kepiawaiannya dalam HR telah berlangsung lama, hal ini menunjukkan bahwa seorang lulusan psikologi dapat benar-benar terjun ke dunia kerja, termasuk industri dan organisasi.

Turut dalam bahasan presentasinya, beliau juga menampilkan beberapa peluang karir yang dapat dikembangkan oleh individu, termasuk Human Resource Development (HRD), Psikolog, Terapis, Profiler, Management Trainee, hingga dosen atau pengajar. Luasnya ruang lingkup karir lulusan psikologi memberikan harapan bahwa di luar sana seorang lulusan psikologi dapat membaur dalam berbagai lingkup kerja.

Soft-skills turut dijelaskan dalam kegiatan kali ini, Mas Adi sapaannya, menjelaskan penting untuk mengetahui potensi diri sendiri. Dengan penggalian potensi dapat dilanjutkan dengan penentuan impian. Belajar, latihan, dan konsisten serta bersyukur juga turut dijelaskan sebagai kunci sukses.

Harapannya, melalui orientasi keprodian ini, mahasiswa baru psikologi dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai berbagai peluang karir yang menanti mereka setelah lulus. Dengan wawasan yang lebih jelas, diharapkan mereka termotivasi untuk mengembangkan diri secara optimal, baik dari segi akademik maupun soft-skills.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi