Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Tuesday, 23 August 2022

Asesmen Lapangan untuk Akreditasi Program Studi Ekonomi Syariah

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012.

Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi melaksanakan asesmen lapangan (AL) terhadap Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya dengan asesor Prof. Dr. Abdul Rohman, M.Si., Akt., CA. dari Universitas Diponegoro dan Amirullah Setya Hardi, SE., Cand.Oecon., Ph.D. dari Universitas Gajah Mada yang dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 22-23 Agustus 2022.

Kegiatan hari pertama AL dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Pimpinan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Prof Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA,. M.Phil., Ph.D., kemudian dilanjutkan sesi dengan pimpinan unit pengelola program studi, konfirmasi data dan informasi dalam DKPS, kemudian sesi dengan pelaksana penjamin mutu internal, dan sesi pemeriksaan dokumen pendukung. Setelah ISHOMA, sesi dilanjutkan dengan tim akreditasi, dan sesi dengan middle manajemen di UPPS. Sesi terakhir di hari pertama dilakukan dengan alumni dan pengguna eksternal.

Kegiatan hari kedua AL dimulai dengan peninjauan lapangan yang mengunjungi sport center, klinik kampus, lab integrasi, Bank Mini Syariah (BMS) sebagai laboratorium Prodi Ekonomi Syariah, dan berakhir di Perpustakaan. Sementara, peninjauan fakultas dilakukan di laboratorium galeri investasi syariah (GIS), laboratorium bank sampah, dan koperasi syariah mahasiswa (Kopsyarma), ruang kelas, ruang dosen, ruang munaqasah, griya jurnal dan ruang manajemen.

Selanjutnya, sesi dengan dosen dan mahasiswa dan terakhir dilanjutkan kerja mandiri asesor sampai dengan penyampaian feedback dan penandatangan berita acara AL. [mij]