Berita

Berita Magang MBKM Prodi MPI:

Ada Superhero di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto

Siapa bilang layanan Kemenag ketinggalan zaman. Layanan Kemenag saat ini seluruhnya berbasis sistem aplikasi online. Lihat saja pengalaman magangers di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Datang dengan 5 personil, magangers MPI langsung disuguhi dengan aplikasi-aplikasi online yang harus dipahami dan dijalankan untuk mendukung layanan kepada Masyarakat. Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto, kelima anggota magangers dibagi menjadi 3 seksi, 2 anak di seksi Pendidikan Madrasah 2 anak di seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan 1 anak di Pendidikan Agama Islam. Kegiatan mereka full dari senin hingga jumat.

Observasi di bagian kepegawaian dan sarana prasarana

Magangers di seksi PD Pontren berkenalan Aplikasi SINTREN (Sistem Informasi Tanda Keberadaan Pesantren) yang didalamnya memuat pelayanan pendaftaran dan perpanjangan ijin operasional Pondok Pesantren secara online.  Di Pusat Terpadu Satu Pintu (PTSP), mereka bersentuhan dengan pengelolaan arsip secara digital melalui Sistem Informasi Manajemen yaitu Srikandi. Kemudian di bagian Tata kelola kepegawaian. Mereka ditunjukkan pada Sistem Informasi Manajemen yaitu aplikasi SIMPEG (Sistem informasi manajemen Kepegawaian) yang didalamnya memuat data, informasi, naskah kepegawaian dan biro kepegawaian kementrian Agama. Sementara di bagian pengelolaan sarpras secara digital ada aplikasi Modul aset tetap dan aplikasi SIMAN (Sistem Informasi Manajemen aset Negara). Tak kalah menarik, magangers diseksi Pendma sejak awal menjalankan project editing SOP Kemenag Mojokerto melalui perangkat draw io.

Saat ini, Kemenag kabupaten Mojokerto memang menggalakkan pemaksimalan proyek Zona Integritas. Seluruh elemen telah dilibatkan dengan menandatangai piagam ZI atau Zona Integritas. Dengan ketegasan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto, tampak suasana lingkungan lebih berintegritas dengan pelayanan yang lebih baik bagi Masyarakat. Menurut Naufal, salah seorang maganger, dinyatakan bahwa meskipun belum sebulan magang di Kemenag Mojokerto, mereka telah mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. “Magang di Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto itu seperti menonton film superhero. Nah membayangkan kita sebagai superheronya, banyak tugas, tantangan, kadang salah, kadang lancer-lancar aja. Sampai akhirnya happy ending kita dicintai Masyarakat.” tuturnya  dengan senyum. Semoga selalu bersemangat guys. (ay/fr)