Berita

Sabtu, 01 Oktober 2022 – Diadakan kegiatan Olimpiade Matematika 2022 : Tingkat MI/SD islam, MTs/SMP Islam, dan MA/SMA/SMK Islam yang keempat belas, dengan tema “Investasi Kecerdasan Matematis guna Membentuk Cendekiawan Muslim yang Mampu Bersaing demi Terwujudnya SGD-4”. Kegiatan Olimpiade Matematika 2022 Tingkat Nasional ini diikuti oleh 1769 peserta dari seluruh sekolah dan madrasah di Indonesia dengan rincian MI/SD islam sejumlah 695 peserta, MTs/SMP Islam sejumlah 588 peserta, dan MA/SMA/SMK Islam 486 peserta. Kegiatan berlangsung mulai dari bulan April 2022 sampai dengan Final Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional pada bulan Oktober 2022. Kegiatan pembukaan Final Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Prof. Dr. Jauharoti Alfin, S.Pd, M.Si., Ketua Jurusan Pendidikan MIPA Dr. Siti Lailiyah, M.Si dan Sekretaris Jurusan Pendidikan MIPA Dr. Aning Wida Yanti, S.Si., M.Pd., Ketua Prodi Pendidikan Matematika Dr. Sutini, M.Si dan Sekretaris Prodi Pendidikan Matematika Wahyuni Fajar Arum, M.Pd.

Kegiatan dibuka oleh panitia kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci alquran dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UINSA yang diiringi paduan suara dari angkatan 2022. Ketua Panitia kegiatan Olimpiade Matematika UINSA Tingkat Nasional 2022 ini, Amsal Kautsar, mengucapkan terima kasih atas fasilitas yang telah diberikan oleh UINSA sehingga kegiatan Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional bisa berlangsung dengan lancar. Kegiatan Olimpiade Matematika UINSA 2022 sendiri pelaksanaannya dilaksanakan secara hybrid dan final yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 01 Oktober 2022 secara offline di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya. Selain kegiatan final Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional ini juga akan ada sesi penyerahan hadiah untuk lomba desain grafis dan lomba tiktok, seminar nasional (Build Your Entrepenur Mindset and Be A Great Creativepreneur) dengan pemateri dari DIKADAS Yushardfija F. Daz didampingi moderator Achmad Riski Nur Asri. Semua kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan pendukung Olimpiade Matematika UINSA 2022. Ketua Panitia berharap kegiatan ini bisa menjadi investasi untuk para finalis ke depannya.

Ketua Himaptika, menyampaikan bahwa kegiatan Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional sudah tidak diadakan secara offline selama dua tahun dan dia mengucapkan selamat kepada para finalis Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional yang sudah sampai seleksi ini. Ketua HIMAPTIKA berharap agar peserta Finalis Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional tetap menjaga sportifitas, dan kejujurannya dijaga sehingga bisa meneruskan ini di ajang internasional nantinya. 

Ketua Prodi PMT, Dr. Sutini, M.Si., beliau mengucapkan terimakasih atas kerja keras yang diberikan oleh panitia serta mengucapkan selamat kepada seluruh finalis. Beliau melaporkan kepada bagian rektorat, bahwa kegiatan Olimpiade Matematika UINSA 2022 adalah kegiatan rutinitas di Prodi Pendidikan Matematika yang sudah dimulai dari bulan April 2022. Kegiatan Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional dilakukan berkelanjutan sampai bulan Oktober akhir 2022. Beliau berterimakasih kepada para panitia dan HIMAPTIKA yang selalu berusaha memberikan yang terbaik dan berproses menjadi lebih baik. Beliau selalu berharap adanya saran dan masukan agar kegiatan hari bisa menjadi lebih baik lagi. 

Ketua Jurusan, Dr. Siti Lailiyah, M.Si.,  beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Beliau mengucapkan terimakasih atas dukungan sponsor dan juga bapak ibu guru yang sudah memberikan dukungan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan ini. Beliau juga berharap apabila ada kekurangan bisa disampaikan sehingga bisa jadi bahan evaluasi.

Warek Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., begitu takjub dengan kegiatan Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional yang diikuti oleh 1700 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Beliau berkata bahwa Finalis Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional yang hadir pada kegiatan hari ini merupakan perwakilan yang mampu mewakili peserta lain sejumlah 1769 peserta. Beliau menyampaikan terima kasih sebesar-besarnyanya kepada seluruh peserta, pendamping, HIMAPTIKA dan seluruh panitia dari kegiatan Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional.

“You are the best” ucap beliau ditengah-tengah sambutannya karena panitia telah mampu melakukan even ini dari april sampai oktober, “Kerja panitia Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional benar-benar kerja brilliant, kerja cerdas, menyiapkan generasi islam di masa mendatang.” Beliau begitu bahagia bisa ikut hadir dalam kegiatan Final Olimpiade Matematika UINSA 2022 ini.

Bapak, ibu, adek-adek yang mengikuti kegiatan ini merupakan kegiatan menegakkan melestarikan ilmu Allah SWT semenjak masa lalu. Tidak ada satu pun aktivitas kita yang terlepas dari penggunaan ilmu matematika. Dunia ini kehidupan ini dibangun dengan dua bilangan saja, bilangan genap dan bilangin ganjil . Serta saya menyukai tema Olimpiade Matematika UINSA 2022 yang terkait dengan SDG-4 (Sustainable Development Goal 4) yaitu tentang Pembangunan Berkelanjutan” ucap beliau.

Di akhir arahannya beliau mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru beserta seluruh peserta Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional baik yang sudah masuk finalis maupun belum. Beliau mewakili Bapak Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya apabila dalam penyelenggaraan Olimpiade Matematika UINSA 2022 Tingkat Nasional ada yang kurang berkenan mudah-mudahan apabila ada kekhilafan bisa diperbaiki untuk kegiatan Olimpiade Matematika UINSA Tingkat Nasional yang akan datang. Beliau juga berdoa dan berharap agar para finalis yang datang hari ini diberi pertolongan kekuatan sehingga pulang bisa menjadi jawara-jawara.