Sambutan Rektor UINSA

Komunikasi Marketing Kampus Gaya Baru

Oleh: Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D

Manteman, mohon dicatat:  update berita dan kegiatan di media online, termasuk media sosial, itu bagian dari komunikasi marketing. Mohon tinggalkan bayangan bahwa marketing kampus hari ini dan ke depan harus  datang secara fisik ke tempat tertentu. Atau negara tertentu. Atau provinsi tertentu. Itu kuno. Itu old-fashioned. Gaya lama. Komunikasi marketing yang menyentuh lintas generasi dan lintas batas fisik akan pengaruhi profiling kita. Dan cara itu hanya bisa lewat platform digital.”

Itu pesan saya kepada teman-teman tim manajemen UINSA Surabaya.  Manteman adalah panggilan akrab atas “teman-teman” tim manajemen tersebut. Mereka mulai para wakil rektor, ketua lembaga dan satuan, dekan, serta direktur. Pesan itu saya kirim ke WhatsApp Group (WAG) mereka. Untuk mengawali pekerjaan. Di sebuah pagi.  Tertanggal 5 Januari 2023. Persis dua hari setelah memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia di kampus tercinta. Acaranya dikemas dalam brand The UINSA Early-Year Music Festival: A Moment of Thansgiving di Gedung KH Saifuddin Zuhri: Sport Centre & Multipurpose.

Saya mengajak ke semua tim manajamen, jika hari ini yang aktif di dunia maya dengan beragam platform digital hanya fakultas tertentu, saya yakin hanya fakultas ini yang bisa dipastikan dalam kadar kemampuan kemanusiaan kita untuk meningkat dari sisi animo publik untuk kuliah di dalamnya. Prinsip yang sama juga berlaku bagi unit-unit lainnya di kampus. Mulai dari yang bernama lembaga hingga unit pelakana teknis. Kata “aktif” dalam konteks ini adalah aktivitas memproduksi konten positif, baik berupa informasi berita hingga video. Dengan audiens umum yang menjadi target komunikasinya.

Setelah produksi gagasan melalui komunikasi marketing dilakukan dengan baik, maka selau update itu keren. One day one release, harus. Sehari sekali merilis berita itu top. One day one post, wajib. Sehari sekali mengunggah berita itu TOP BGT. Top banget. Tapi mohon jangan pernah lupa: semua harus diviralkan dalam semua grup pertemanan dan perbincangan di medsos. Ya, media sosial. Apapun platformnya.

Ikhlas memang menjadi konsep kunci dalam upaya menjaga kualitas hidup seorang Muslim. Namun, di era yang serba berubah cepat akibat digitalisasi ruang piblik, konsep ikhlas kini harus kita maknai ulang dan sempurnakan dengan proses komunikasi publik yang baik nan masif. Dan karena itu komunikasi marketing kini wajib menggunakan platform digital. Komunikasi marketing gaya baru ini harus [bisa] menjadi perhatian utama kita. Semua tim manajemen UINSA wajib menjalankan komunikasi marketing gaya baru ini.

Ayo manteman. Tinggalkan cara lama. Kita asup cara baru: komunikasi marketing lewat platform digital. Dunia hari ini serba klikbait. Tinggalkan gaya lama yang serba manual. Kita songsong era dan gaya baru dalam komunikasi marketing kampus ini: komunikasi ke publik lewat platfom digital. Harian. Bahkan bisa lebih cepat dari itu.