Dokumen SPIMI (Klik Dokumen)
Siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) merupakan kerangka kerja utama dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang digunakan oleh perguruan tinggi untuk menjamin, memantau, dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara sistematis, terukur, dan berkelanjutan. Siklus ini memastikan bahwa seluruh proses tridarma perguruan tinggi—pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat—berjalan sesuai standar mutu yang ditetapkan dan senantiasa diperbaiki melalui mekanisme evaluasi dan inovasi.
Penerapan PPEPP di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya melibatkan peran aktif Gugus Kendali Mutu (GKM) sebagai unit pelaksana penjaminan mutu tingkat fakultas. GKM berfungsi sebagai penghubung antara pelaksana kegiatan akademik dan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas, sekaligus bertugas memastikan bahwa siklus PPEPP berjalan sesuai standar dan prosedur yang telah dirancang.
Pada tahap ini, fakultas melalui GKM bersama program studi menetapkan standar mutu akademik dan non-akademik berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), kebutuhan pemangku kepentingan, serta benchmarking dengan institusi sejenis yang unggul. Dokumen standar yang dihasilkan meliputi standar pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta tata kelola dan layanan.
Standar yang telah ditetapkan kemudian diimplementasikan oleh unit-unit pelaksana di tingkat program studi, dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh unsur pelaksana akademik. GKM Fakultas Ushuluddin dan Filsafat memantau pelaksanaan ini agar selaras dengan dokumen rencana operasional mutu (ROM) dan mendukung tercapainya visi misi fakultas
GKM fakultas berperan penting dalam mengoordinasikan proses evaluasi terhadap ketercapaian standar, baik melalui Audit Mutu Internal (AMI), monitoring kegiatan perkuliahan, telaah dokumen, maupun survei kepuasan mahasiswa dan stakeholder. Evaluasi ini menghasilkan data dan informasi penting untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan penyelenggaraan akademik.
No. | Judul Laporan | Link Dokumen |
1. | Laporan Survei Kepuasan Standar VMTS | |
2. | Laporan Survei Kepuasan Standar Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama | |
3. | Laporan Survei Kepuasan Standar Mahasiswa | |
4. | Laporan Survei Kepuasan Standar Sumber Daya Manusia | |
5. | Laporan Survei Kepuasan Standar Keuangan, Sarana dan Prasarana | |
6. | Laporan Survei Kepuasan Standar Pendidikan | |
7. | Laporan Survei Kepuasan Standar Penelitian | |
8. | Laporan Survei Kepuasan Standar Pengabdian kepada Masyarakat | |
9. | Laporan Survei Kepuasan Standar Luaran dan Capaian Tridharma |
Buka Dokumen (buka link)
Berdasarkan hasil evaluasi, GKM bersama pimpinan fakultas melakukan pengendalian mutu dengan menetapkan langkah korektif terhadap ketidaksesuaian, serta tindakan preventif agar kesalahan tidak terulang. Pengendalian ini menjadi kunci dalam menjaga kualitas pelaksanaan pendidikan yang konsisten.
MONITORING DAN EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN
PROGRAM STUDI TASAWUF DAN PSIKOTERAPI
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
No | Judul Kegiatan | Link |
1 | Laporan Audit Mutu Internal 2019 | |
2 | Nodin Juknis Penjaminan Mutu | |
3 | Gabungan Laporan Hasil AMI TP 2022 | |
4 | Nodin Validasi UTS | |
5 | Nodin Validasi UAS | |
6 | Exit Strategy Audit Mutu Internal Tahun 2022 Seluruh Program Studi | |
7 | Exit Strategy Audit Mutu Internal Tahun 2022 Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir | |
8 | Exit Strategy Audit Mutu Internal Tahun 2022 Program Studi Ilmu Hadist | |
9 | Exit Strategy Audit Mutu Internal Tahun 2022 Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi | |
10 | Exit Strategy Audit Mutu Internal Tahun 2022 Program Studi Studi Agama-agama | |
11 | Exit Strategy Audit Mutu Internal Tahun 2022 Program Studi Pemikiran Politik Islam | |
12 | Exit Strategy Audit Mutu Internal Tahun 2022 Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam |
Fase ini merupakan kelanjutan dari pengendalian, dengan fokus pada inovasi dan pembaruan standar mutu. GKM Fakultas Ushuluddin dan Filsafat mendorong peningkatan berbasis refleksi hasil evaluasi sebelumnya, termasuk pembaruan kurikulum, metode pembelajaran, strategi penelitian, dan tata kelola yang adaptif terhadap perkembangan keilmuan dan kebutuhan masyarakat.
PENINGKATAN DALAM PENJAMINAN MUTU FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
NO | NAMA KEGIATAN | LINK |
1 | Membuat Laporan Efektivitas Pelaksanaan Penjaminan Mutu | |
2 | Benchmarking ke Universiti Kebangsaan Malaysia dan Visiting Lecturer | |
3 | Benchmarking ke National University of Singapore dan Visiting Lecturer | |
4 | Benchmarking ke UIN Bandung | |
5 | Benchmarking ke UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Jawa Timur dan Visiting Lecturer | |
6 | Benchmarking ke IAIN Kediri Jawa Timur dan Visiting Lecturer | |
7 | Nota Dinas Best Practices Experiential Learning UINSA (Better UINSA) Series-1 Tahun 2023 | |
8 | Nota Dinas Best Practices Experiential Learning UINSA (Better UINSA) Series-2 Tahun 2024 | |
9 | Nota Dinas Best Practices Experiential Learning UINSA (Better UINSA) Series-3 Tahun 2025 | |
10 | Best Practices Experiential Learning Bidang Personal Branding
| |
11 | Best Practices Experiential Learning Bidang Pengabdian kepada Masyarakat | |
12 | Benchmarking ke UIN Raden Intan Lampung |