Follow us:

CPL

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Capaian pembelajaran dari Program Studi Teknik Lingkungan UINSA dirumuskan dan disusun, dengan memperhatikan visi- misi UINSA, dan visi misi PS Teknik Lingkungan dengan memperhatikan Capaian Pembelajaran Teknik Lingkungan Menurut ABET (Acreditation Board Engineering and Technology), Capaian Pembelajaran UINSA, Capaian Pembelajaran BAKERMA-TL (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggaran Teknik Lingkungan), kebutuhan masyarakat akan lulusan Teknik Lingkungan serta kualifikasi kompetensi nasional Indonesia (KKNI).

Code CP

Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran pada aspek Sikap didasarkan pada Lampiran Perpres No. 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Indonesia (KKNI) dan penciri khas UIN Sunan Ampel Surabaya.

S01.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun, dan solutif.

S02.  Berkontribusi sebagai warga sosial dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, bekerjasama, peka dan taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Keterangan:

S01 – S02 : Aspek Sikap Sesuai dengan Lampiran Perpres No.8 Tahun 2012 dan sesuai Amanah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Capaian Pembelajaran (CPL) pada aspek Keterampilan Umum berdasar pada Lampiran Permendikbud No. 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi pada penjengjangan tingkat sarjana dan rumusan CPL UIN Sunan Ampel Surabaya.

KU01. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, yang mandiri, bermutu dan terukur dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.

KU02. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang lingkungan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mampu mendokumentasikan, menyimpan dan mengamankan data.

Keterangan:

KU01 – KU02 : Aspek Keterampilan Umum Sesuai Lampiran Permendikbud No. 49 Tahun 2014 dan Sesuai Amanah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Capaian Pembelajaran (CPL) pada aspek Pengetahuan berdasar pada Rumusan CPL UIN Sunan Ampel Surabaya dan Acreditation Board Engineering and Technology (ABET), dan Badan Kerjasama Teknik Lingkungan (Bakerma-TL).

P01. Memahami dan menguasi pengetahuan matematika, sains, dan teknik serta prinsip pengelolaan lingkungan berlandaskan nilai-nilai keislaman.

P02. Memahami prinsip dan teknik komunikasi serta tangungjawab professional.

P03. Memahami dampak lingkungan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial serta perkembangan isu-isu kontemporer di bidang lingkungan.

Keterangan:

P01 : Aspek Pengetahuan Sesuai Amanah UIN Sunan Ampel Surabaya

P01 – P03 : Aspek Pengetahuan Sesuai Badan Kerjasama Teknik Lingkungan (Bakerma-TL) dan sesuai Acreditation Board Engineering and Technology (ABET) Amanah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Capaian Pembelajaran (CPL) pada aspek Keterampilan Khusus (KK) didasarkan dari Acreditation Board Engineering and Technology (ABET), Badan Kerjasama Teknik Lingkungan (Bakerma-TL) dan Penciri Prodi Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya.

KK01. Mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik, sains, dan matematika dalam mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan lingkungan secara mandiri maupun kelompok menggunakan komunikasi yang efektif dan bertanggungjawab.

KK02. Mengembangkan dan melakukan percobaan yang sesuai, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan menggunakan penilaian teknik untuk menarik kesimpulan.

KK03. Menerapkan desain teknik untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mempertimbangkan faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi dengan menggunakan teknik, keterampilan, teknologi informasi, komputasi dan alat-alat teknik modern yang diperlukan dalam upaya pengelolaan lingkungan.

Keterangan:

KK01 – KK03 : Aspek Keterampilan Khusus Sesuai Acreditation Board Engineering and Technology (ABET) dan Sesuai Badan Kerjasama Teknik Lingkungan (Bakerma-TL).