Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya barusaja menyelenggarakan Yudisium ke-27 di lantai 5 ruang Auditorium FISIP UINSA kampus Gunung Anyar Surabaya, Kamis (25/05/2023). Acara Yudisium ke-27 ini diikuti oleh 47 mahasiswa yang terdiri dari tiga program studi yaitu ; program studi ilmu politik, program studi hubungan internasional dan program studi sosiologi.

Hadir memberikan sambutan, Wakil Dekan III, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, M.Si. Dalam sambutannya Moh. Syaeful Bahar menyampaikan ucapan selamat kepada para sarjana yang telah mengikuti yudisium ke-27 di FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya. Pihaknya tidak luput memberikan motivasi kepada 47 sarjana yang hadir pada acara yudisium.

“”Ini bukan akhir segalanya, tetapi justru awal untuk melangkah ke-depan menghadapi dunia kehidupan yang lebih menantang. Jadilah lulusan yang terus berusaha untuk memberikan yang terbaik, apapun itu posisinya. Dalam artian, mahasiswa-mahasiswi lulusan FISIP harus mengoptimalkan semua potensi yang dimiki dan terus bekerja keras sesuai keahlian masing-masing” tegasnya.

Menurut Moh. Syaeful Bahar, manusia sejak dari kandungan ila akhirihi, akan senantiasa dihadapkan dengan jalan hidup yang dipenuhi tantangan, diuji dan diberi cobaan hingga bisa mencapai segala sesuatu yang ingin diraihnya. Oleh karena itu setiap manusia  perlu untuk terus berusaha sampai apa yang dicita-citakan tercapai.

Yudisium ke-27 FISIP UINSA menobatkan Rihadatul Aisy, mahasiswa Program Studi Sosiologi sebagai yudisium terbaik. Rihadatul Aisy, selain mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan predikat cumlaude, juga berhasil menulis skripsi dengan judul “Makna ziarah ke makam Wali bagi masyarakat Desa Bligo Kecamatan Candi, Sidoarjo” .

Rihadatul Aisy, dalam sambutannya, mengucapkan syukur kepada Allah yang telah memberikan Rahmat dan Ridho-Nya sehingga bisa menjadi mahasiswa FISIP. Tidak lupa, Rihadatu Aisy menucapkan terimakasih kepada orang tua, saudara, teman seperjuangan, seluruh dosen dan civitas akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya, yang telah membantu pencapaian akademiknya. Terakhir dirinya juga berterimakasih kepada masyarakat Desa Bligo yang dianggapnya memberikan pengalaman baru selama melakukan riset dalam rangka menyelesaikan tugas akhir skripsi.

“Saya bahagia dan bersyukur karena diberi kesempatan untuk belajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya, di gedung ini saya menikmati begitu banyak fasilitas, ilmu, dan juga pelayanan yang optimal. Dari awal saya juga sudah ditekankan oleh orang tua bahwa saya kuliah bukan untuk mencari gelar saja. Tetapi jauh dari itu, saya kuliah untuk memenuhi tanggung jawab saya sebagai umat Islam yang diwajibkan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya sebagaimana disebut di dalam hadist, sehingga saya bersyukur karena saya bisa mengimplementasikan ilmu trrsebut dalam kehidupan sosial sebagaimana pesan  dosen kepada mahasiswa”

“Dengan selesainya salah satu tahap belajar ini, semoga para wisudawan bisa mengambil pelajaran dan juga berkontribusi terhadap agama, nusa, dan bangsa, serta mengharumkan nama baik almamater UINSA dengan menjadi alumni yang gigih, berhasil, dan berakhlakul karimah”   terangnya.

Hadir dalam acara Yudisium, Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, M.Si, Wakil Dekan II, Dr. Aniek Nurhayati, M. Si, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dan sejumlah tenaga kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya.

(Agnina)