Berita

Senin, 2 Januari 2023, di awal tahun baru, Prodi PGMI mengadakan kegiatan sosialisasi Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Dosen dan mahasiswa. Acara yang dihadiri oleh 25 dosen Prodi PGMI dan 200 mahasiswa yang terdiri dari semester 2, 4, 6, dan 8 bertujuan untuk meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.

Selain itu, Tujuan utama acara ini adalah untuk memperkenalkan dan memperjelas roadmap penelitian dan pengabdian untuk periode lima tahun ke depan. Roadmap ini mencakup berbagai fokus penelitian dan pengabdian yang telah ditetapkan untuk mendukung visi keilmuan prodi PGMI dalam menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Acara dibuka langsung oleh dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Prof. Dr. H. Ali Mas’ud, M.Ag., M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa “Roadmap penelitian dan pengabdian merupakan panduan strategis bagi program studi dalam mengarahkan upaya penelitian dan pengabdian ke arah yang lebih terarah dan berdampak. Melalui sosialisasi ini, kami berharap dapat memotivasi dosen dan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan visi universitas, UPPS, dan PS”, tukas Dekan FTK.

Acara ini menampilkan sesi presentasi dari para pakar dan pemangku kepentingan dalam berbagai bidang penelitian dan pengabdian. Mereka membahas potensi kolaborasi lintas disiplin dan pendanaan yang tersedia untuk mendukung proyek-proyek inovatif yang sesuai dengan roadmap program studi.

Acara juga disii dengan sesi diskusi dan workshop yang melibatkan partisipasi aktif dari peserta untuk mengidentifikasi potensi proyek-proyek penelitian dan pengabdian yang dapat dilaksanakan di lingkungan program studi sesuai dengan Body of Knowledge dan Roadmap yang telah ditetapkan.

Salah satu peserta yang berasal dari unsur dosen, Dr. Sutini, M.Si, mengatakan, “Acara ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang arah strategis penelitian dan pengabdian di prodi kita. Saya merasa termotivasi untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan sejawat serta mahasiswa dalam mengembangkan proyek-proyek inovatif yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.”

Dengan adanya sosialisasi ini, kita berharap dapat memperkuat ekosistem penelitian dan pengabdian para dosen dan mahasiswa, serta menghasilkan inovasi yang dapat memberikan solusi nyata terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi oleh masyarakat lokal maupun global.