Berita

Dalam keunggulannya sesuai akreditasi dari BAN-PT, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki komitmen yang kuat untuk secara konsisten menjalankan misinya. Tiga misi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTK adalah (1) menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis media pembelajaran, berdaya saing, dan berkarakter Islam bagi calon guru bahasa inggris, (2) Mengembangkan penelitian pendidikan dan keilmuan Bahasa Inggris yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan dunia pendidikan dan (3) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengembangan kompetensi guru Bahasa Inggris. Salah satu program unggulan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah integrasi penelitian dan pengabdian dalam pembelajaran dalam bentuk service learning. Kegiatan service learning pada prodi dikoordinir oleh Foreign Language Service Learning Center yang diketuai oleh Afida Safriani, Ph. D. 

Pada semester gasal tahun akademik 2024/2025 ada empat jenis kegiatan service learning (1)  pengembangan LKPD untuk pembelajaran reading dan writing  dan video untuk pembelajaran grammar tingkat sekolah menengah oleh mahasiswa semester 3 dan (2) pengembangan video budaya (3) pengembangan buku saku untuk BIPA dan (4) pengembangan modul ajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris tingkat sekolah dasar oleh mahasiswa semester 5. Harapan dari kegiatan ini, Prodi PBI melalui service learning tidak hanya memberikan manfaat bagi stakeholder diluar kampus namun juga di dalam kampus. Sehingga, kebermanfaatan program dalam dirasakan oleh semua pihak baik unit-unit internal maupun masyarakat luas. 

Pada 23 September hingga 4 Oktober 2024 mahasiswa semester 3 telah menyelesaikan pengumpulan data untuk analisis kebutuhan. Pada saat ini sedang dalam proses menganalisis data untuk menentukan materi dan topik LPKD serta video pembelajaran grammar. Minggu ini giliran mahasiswa semester 5 yang mengawali kegiatan service learningnya. 


Pada Kamis, 10 Oktober 2024 yang lalu telah dilaksanakan rapat koordinasi dengan 4 sekolah mitra terdiri dari SD dan MI di wilayah Mojokerto, Tuban, Nganjuk dan Sidoarjo serta perwakilan dari International Office dan Pusat Pengembangan Bahasa. Pada Sabtu 12 Oktober 2024 kegiatan persiapan pelaksanaan service learning untuk mahasiswa semester 5 dilanjutkan dengan pembekalan bagi mahasiswa. Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa hingga dosen pengampu matakuliah.

Pada sesi awal Ibu Dr. Siti Asmiyah, M.TESOL mengemukakan timeline dari pelaksanaan service learning dan pembagian kelompok serta plotting lokasi dan sekaligus penjelasan menegani salah satu bentuk tugas SL. Kemudian disusul Ibu Fitriah, Ph.D yang menerangkan dengan detail terkait tagihan tugas Service Learning yang akan dikembangkan dan produk akhirnya dihibahkan kepada target unit Service Learning periode ini.

Menjadi harapan bersama bahwa kegiatan service learning dapat terus menjadi ajang bagi mahasiswa dan program studi bukan saja untuk melaksanakan experiential learning namun juga mengimplementasikan falsafah integrated twin towers UIN Sunan Ampel Surabaya dalam bentuk nyata. PBI UINSA memberi kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan. PBI, Yes, We Can. PBI, I serve. UINSA, stronger together, together stronger. (SA)