Penerbitan Buku

Sosiologi Pendidikan Integratif

Sosiologi Pendidikan Integratif

Penulis : Prof. Dr. Isa Anshori, Drs., M.Si.
Penyunting: M. Yusuf
Desain Sampul : Ucup
Layouter : Ucup
Hlm : xiv + 602 hal; 14,8 x 21 cm
ISBN : Proses

Sinopsis : 

Buku Sosiologi Pendidikan Integratif membahas hubungan antara pendidikan dan masyarakat dengan pendekatan yang komprehensif. Mengusung perspektif integratif, buku ini menghubungkan konsep-konsep sosiologi klasik dan modern dengan realitas pendidikan di Indonesia, serta mengaitkannya dengan nilai-nilai Islam.

Bab pertama menjelaskan konsep dasar sosiologi pendidikan, mulai dari sejarah, ruang lingkup, hingga kontribusi para ahli dalam disiplin ini. Selanjutnya, pembahasan mengenai paradigma dan teori dalam sosiologi pendidikan memberikan landasan analitis untuk memahami dinamika sosial dalam dunia pendidikan.

Buku ini juga mengupas berbagai paradigma makro dalam pendidikan, termasuk pandangan Islam terhadap konservatisme, liberalisme, hingga fundamentalisme dalam sistem pendidikan. Pemikiran tokoh sosiologi klasik dan modern dipaparkan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai konstruksi sosial dalam dunia pendidikan.

Hubungan antara pendidikan dan struktur sosial menjadi fokus dalam beberapa bab, termasuk keterkaitan pendidikan dengan stratifikasi sosial, mobilitas sosial, serta peran pendidikan dalam reproduksi struktur budaya dan ekonomi. Buku ini juga membahas peran pendidikan dalam menghadapi tantangan industrialisasi, teknologi, dan modernitas gaya hidup di masyarakat.

Dalam konteks ketimpangan sosial, buku ini mengkaji bagaimana sistem pendidikan dapat menjadi alat untuk mengatasi kemiskinan serta menciptakan keadilan sosial. Selain itu, pembahasan mengenai sekolah/madrasah sebagai sistem organisasi dan birokrasi, serta dinamika interaksi dan sosialisasi dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat turut memperkaya perspektif pembaca.

Isu-isu kontemporer seperti hidden curriculum, pengembangan karakter, keadilan gender dalam pendidikan, serta tantangan perubahan sosial di era digital juga diulas secara mendalam. Dengan pendekatan yang integratif, buku ini tidak hanya membahas teori-teori sosiologi pendidikan, tetapi juga mengaitkannya dengan konsep-konsep Islam serta implementasinya dalam realitas pendidikan di Indonesia.

Buku ini sangat relevan bagi akademisi, praktisi pendidikan, dan mahasiswa yang ingin memahami lebih dalam tentang hubungan antara pendidikan dan dinamika sosial dalam masyarakat.