Berita

Hari Kamis, 01 Februari 2024 dilaksanakan rapat dosen. Kegiatan ini sebagai persiapan perkuliahan Prodi ES Semester Genap Tahun akademik 2023/2024. Kegiatan dilanjutkan dengan Sharing Session International Collaborative Research antara Prodi ES dan Dr Rafisah Mat Radzi dari Universiti Sains Malaysia (USM).

Riset kolaboratif ini berjudul “Developing Islamic E-Wallet Transactional Framework: An Analysis From The Shariah Advisors And Service Provider Perspectives”. Output dari riset ini telah tersusun sebuah draft naskah artikel yang akan dipublikasikan di jurnal terindeks Scopus. Draft naskah riset ini berjudul “E-Wallet Transaction Framework in Malaysia: An Evaluation of Potential Shariah Issues”. Fokus riset kolaboratif ini adalah pada tiga aplikasi E-Wallet di Malaysia yaitu Touch ‘n Go, GrabPay, dan Boost.

Terlibat dalam penyusunan riset kolaboratif ini unsur dosen FEBI UIN Sunan Ampel adalah Dr Lilik Rahmawati, S.Si., M.E.I dan Deasy Tantriana, MM. Dari Universiti Sains Malaysia (USM) adalah Dr Rafisah Mat Radzi dan Dari unsur Shariah Research and Governance Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad yaitu Wan Nurliza W Ramli Shariah.

Kerjasama kolaborasi internasional di bidang riset ini menjadi komitmen Prodi ES sebagai wujud penguatan rekognisi internasional perguruan tinggi. Kolaborasi perdana ini menjadi awal Prodi Ekonomi Syariah untuk proyek-proyek riset mendatang pada isu-isu yang lebih luas dan bermanfaat.