Pada Senin, 10 Februari 2025, suasana semangat dan antusiasme begitu terasa di MTsN 4 Sidoarjo (Tlasih). Acara pembukaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sunan Ampel Surabaya resmi digelar, menandai kolaborasi inspiratif antara dunia pendidikan tinggi dan madrasah.
Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembukaan oleh pembawa acara yang ramah. Sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Cicik, Wakil Kepala Kurikulum, yang mewakili Kepala Sekolah yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “Kami ucapkan selamat datang di MTsN 4 Sidoarjo. Kami menerima kedatangan adik-adik mahasiswa/i UINSA dengan senang hati. Kami harap adik-adik dapat memanfaatkan waktu asistensi mengajar dengan baik, serta dapat berkontribusi dan memberikan inovasi baru di madrasah ini.”
Tak ketinggalan, Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Mohammad Hanafi, M.A., juga menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan dan kerja sama yang terjalin. Beliau berharap, melalui program MBKM ini, mahasiswa/i tidak hanya menerapkan teori yang mereka pelajari, tetapi juga belajar langsung di lingkungan persekolahan yang nyata.
Acara semakin khidmat dengan sambutan dari para Wakil Kepala Madrasah dan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Lukman, selaku guru Bahasa Inggris di MTsN 4 Sidoarjo.
Sebanyak empat mahasiswa/i Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang berpartisipasi dalam program MBKM ini terdiri dari dua mahasiswa dan dua mahasiswi. Mereka akan aktif berdiskusi dan berkolaborasi dengan Ibu Nur Sjamsuarini Pudji Astutik, S.Ag., yang akrab disapa Bu Pudji. Sebagai guru pamong, beliau akan membimbing mereka dalam proses asistensi mengajar, termasuk mengonfirmasi kelas-kelas yang akan diikuti oleh mahasiswa/i.
Program MBKM di MTsN 4 Sidoarjo mencakup beberapa aspek penting yang dirancang untuk membekali mahasiswa/i dengan pengalaman mengajar yang komprehensif: a. Modelling oleh guru pamong, mahasiswa/i akan belajar dengan mengamati praktik
mengajar langsung di kelas; b. Praktik mengajar di kelas, kesempatan untuk menerapkan metode pengajaran yang inovatif; c. Mengikuti berbagai kegiatan sekolah, meliputi kegiatan akademik maupun non-akademik yang memperkaya pengalaman; d. Membantu menertibkan dan mendisiplinkan siswa, menjadi bagian dari komunitas sekolah dengan membantu menciptakan suasana belajar yang kondusif.
Program MBKM ini tidak hanya menjadi kesempatan belajar bagi mahasiswa/i, tetapi juga ajang pengembangan keterampilan pedagogik dan profesionalitas di dunia pendidikan. Dengan bimbingan guru pamong dan interaksi langsung bersama siswa, mahasiswa/i diharapkan mampu memperluas wawasan dan meningkatkan kompetensi dalam pengajaran Bahasa Arab.
Acara pembukaan Program MBKM di MTsN 4 Sidoarjo berjalan lancar dan penuh kehangatan. Kolaborasi antara dunia kampus dan madrasah ini menjadi langkah nyata dalam mencetak pendidik masa depan yang profesional, kreatif, dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan modern.
Dengan semangat belajar yang tinggi, mari kita bersama-sama menjadikan dunia pendidikan lebih maju dan berdaya saing!