Berita

Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menggelar kuliah tamu yang bertemakan “Konservasi Mangrove dan Fungsinya dalam Silvofishery” pada tanggal 9 Oktober 2022.

Kuliah tamu ini menghadirkan narasumber Nur Maulida Safitri, S.Kel., M.P., M.Sc., yang merupakan dosen Prodi Ilmu Kelautan Universitas Muhammadiyah Gresik, dan diikuti oleh mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Sains dan Teknologi UINSA.

Silvofishery merupakan sistem pertambakan teknologi tradisional yang menggabungkan antara usaha perikanan dengan penanaman mangrove.  

“Seiring dengan pengembangannya, sistem ini kemudian diikuti konsep pengenalan sistem pengelolaan pertambakan dengan meminimalkan input dan mengurangi dampak terhadap lingkungan”, jelas narasumber.

Silvofishery juga memiliki peranan penting sebagai tempat asupan ikan serta memberikan perlindungan dari predator.

“Sistem silvofishery ini merupakan suatu upaya peningkatan produktivitas tambak dengan menanamkan mangrove pada tambak. Selain itu, sistem silvofishery ini juga sekaligus sebagai upaya antisipasi terhadap bahaya abrasi yang mengancam lahan tambak”, pungkas narasumber di akhir paparan kuliah tamu.