Berita

@Fakultas Sains dan Teknologi

Wednesday, 27 April 2022

FST UINSA Gelar Webinar Pemahaman Mekanisme Proofreading Untuk Jurnal Internasional Bereputasi

Dalam rangka meningkatkan publikasi ilmu pengetahuan dan penelitian, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Sunan Ampel menggelar webinar “Pemahaman Mekanisme Proofreading dalam Klinik Manuskrip untuk Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan ini digelar secara daring melalui live zoom meeting bersama 70 lebih partisipan dosen dan perwakilan mahasiswa UINSA pada hari Rabu, 27 April 2022 pukul 10.00 WIB.

Acara pertama diawali oleh Dekan Fakultas Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermakna sebagai bagian proses menulis. Dimana memberikan banyak manfaat bagi fakultas saintek untuk dapat mengetahui bagaimana proses proofreading dilakukan. Diharapkan setelah mengikuti prosesi webinar ini Fakultas dapat memiliki banyak tulisan jurnal bereputasi. 

Sementara itu diawal paparannya, Dr. Parmin S.Pd., M.Pd hadir sebagai narasumber workshop menjelaskan bahwa dalam menulis penelitian yang bagus dibutuhkan kualitas penulisan yang standart. Pada jurnal internasional, aspek Bahasa menjadi permasalahan besar apakah artikel dapat diterima atau tidak. Sebelum dipublikasi, pengelola jurnal melakukan proofread artikel dengan mengarahkan ke Lembaga tertentu agar tidak terjadi disvaritas Bahasa. Hal ini untuk menghindari ketimpangan terjemahan Bahasa yang berbeda. Selain itu Parmin menjelaskan “kenaikan kualitas substansi menjadi bukti bahwa kita adalah penulis cerdas. Dimana satu kebaruan temuan yang diterapkan memiliki dampak yang besar dalam bidang keilmuan kita”.

Selanjutnya webinar dilanjutkan oleh salah satu tim Parmin bernama Nadia, yang secara spesifik menjelaskan simulasi proofread di jurnal bereputasi. Dalam paparannya, Nadia membagi beberapa kiat dan langkah-langkah yang dilakukan. Proofreader tidak hanya sekadar menerjemah saja, tetapi juga mempelajari dan memahami bagaimana penulisan yang baik dalam penyusunan kata ditiap kalimat penulisan. Peka akan kebahasaan artikel terjamahan asli atau mesin dan paham topik penelitian juga mendukung proofreader untuk bekerja dengan baik.

Parmin menambahkan, “Jangan sampai tergesa-gesa menerjemahkan atau melakukan proofread, sementara artikel belum memiliki kualitas yang bagus”. Aktif dalam kegiatan klinik manuskrip dapat menghasilkan artikel yang standart, sehingga dapat dengan mudah diberikan kepada proofreader dan dipublikasi.

Selanjutnya dilakukan doa bersama yang di pimpin oleh Mohammad Khusnu Milad, M. MT dan diakhiri dengan closing statement oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag. MA, Ph.D yang memberikan sambutan atas terselenggaranya kegiatan webinar Pemahaman Mekanisme Proofreading telah berlangsung optimal. Masdar berharap webinar ini dapat berlanjut hingga proses akhir. Sehingga dapat mengakselerasi dosen-dosen dengan memberikan manfaat keilmuan pada karya ilmiah civitas akademik dan meningkatkan indeks publikasi fakultas. Dengan Harapan para jajaran dosen dapat terus berkembang dan maju, dalam rangka meraih rekognisi internasional sehingga berdiri sejajar dengan perguruan tinggi lain.