Berita

Surabaya — (14/08/2024) Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (PBAK UINSA) berlanjut pada hari kedua. Pada kesempatan kali ini, serangkaian kegiatan PBAK terfokus pada masing-masing fakultas. Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) menggelar PBAK hari kedua yang bertempat di samping gedung FPK Kampus Gunung Anyar.

PBAK hari kedua dimulai dengan penyampaian Histori, Visi, dan Proyeksi FPK yang disampaikan langsung oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK. Pria lulusan kampus Jerman tersebut memberikan penjelasan terkait visi dan proyeksi fakultas. Beliau juga menjelaskan bahwa pada tahun ini, FPK mendapatkan dua mahasiswa asal Pakistan yang tergabung dalam prodi gizi.

Kegiatan berlanjut pada penyampaian materi tentang Kebijakan Kegiatan Akademik dan Non Akademik (kebijakan kampus merdeka belajar) oleh Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si selaku Wakil Dekan (Wadek) I. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Layanan Akademik (Amira, Jadila, Tarisa, dll) serta Sarana Prasarana FPK yang dijelaskan langsung oleh Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog selaku Wadek II.

Kode etik, talent scounting, dan dinamika kehidupan kampus menjadi materi selanjutnya, pada kesempatan kali ini Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag selaku Wadek III menjadi pembawa materi. Prof ubed, sapaannya menjelaskan kehidupan kampus dengan memberikan nasihat pentingnya memiliki keterlibatan dalam suatu organisasi kampus.

“Kesuksesan mahasiswa tidak hanya melulu tentang kesuksesan akademik, nilai bagus, atau ipk tinggi. Kalian tahu bahwa 50% kesuksesan juga ditentukan oleh keterlibatan dalam organisasi,” jelasnya saat penyampaian materi.

Kegiatan dilanjutkan oleh Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si. Ia menjelaskan tentang keprodian psikologi dan tentang beberapa aspek learning how to learn. Dalam sesi materi, beliau sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) Psikologi menekankan pentingnya untuk mengatur waktu.

“Time management ini penting untuk kalian semua, kalian harus tahu mana waktu untuk belajar, mana waktu untuk main agar nanti kalian bisa benar-benar efektif” tuturnya.

Pemaparan tentang keprodian gizi menjadi materi selanjutnya, pada kali ini Estri Kusumawati, M.Kes selaku Sekretaris Prodi Gizi menjadi pemateri. Kegiatan selanjutnya diisi oleh Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi, Psikolog selaku Sekretaris Prodi Psikologi dengan materi Pengenalan Aplikasi Sinau. Pada kesempatan tersebut, turut dijelaskan beberapa menu yang ada dalam sinau beserta fungsinya.

Diharapkan melalui kegiatan PBAK hari kedua ini, para mahasiswa baru FPK UINSA dapat memahami berbagai seluk beluk tentang kehidupan di kampus dan FPK. Dengan pengetahuan yang diperoleh dari para pimpinan fakultas, diharapkan para mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik, mengembangkan potensi akademik dan non-akademik mereka.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi